Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Impulsif Pada Remaja Gereja GMIM Wilayah Manado Winangun (studi di Manado Town Square)
Abstract
Pembelian impulsif (impulsive buying) adalah perilaku berbelanja yang terjadi secara tidak terencana, tertarik secara emosional, dimana proses pembuatan keputusan dilakukan dengan cepat tanpa berpikir secara bijak dan adanya pertimbangan terhadap keseluruhan informasi dan alternatif yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh respon lingkungan belanja, promosi, atmosfer gerai terhadap emosi dan pembelian impulsif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) respon lingkungan belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi, (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi, (3) atmosfer gerai berpengaruh tidak positif dan tidak signifikan terhadap emosi, (4) respon lingkungan belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, (5) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, (6) atmosfer gerai berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelia impulsif, dan (7) emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.
Kata kunci :Â Â Â Â Respon Lingkungan Belanja, Promosi, Atmosfer gerai, Emosi, Pembelian Impulsif