Pengaruh Ketidakpuasan Pasca Konsumsi Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Handphone GSM Dari Merek Blackberry Ke Samsung (Studi Pada Pengguna Handphone di Kota Manado)
Abstract
Suatu perusahaan penting mempertahankan pelanggan yang sudah ada, karena biaya untuk menarik pelanggan baru jauh lebih besar dibandingkan biaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Keputusan konsumen untuk berpindah merek merupakan fenomena kompleks yang dipengaruhi oleh faktor- faktor perilaku tertentu, skenario persaingan, waktu, dan juga dipengaruhi oleh adanya kebutuhan mencari variasi. Kebutuhan mencari variasi merupakan komitmen secara sadar untuk membeli merek lain karena individu terdorong untuk menjadi terlibat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan pascakonsumsi dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merek handphone GSM dari Blackberry ke Samsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial ketidakpuasan pasca konsumsi, dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek, dimana pengaruh tersebut positif dan signifikan. Hipotesis yang menyatakan ketidakpuasan pasca konsumsi, dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek handphone GSM dari Blackberry ke Samsung terbukti atau dapat diterima.
Kata kunci: ketidakpuasan, pasca konsumsi, variasi, merek