KARAKTERISTIK PENGEMUDI DALAM PEMILIHAN RUTE BILA ADANYA PEMBERLAKUAN ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP) PADA RUAS JALAN SAM RATULANGI
Abstract
Kota Manado berkembang dengan pesat di tandai dengan meningkatnya pertumbuhan industri, perdagangan, bisnis, pertokoan, dan pemukiman, sehingga aktivitas perjalanan menjadi tinggi dan menimbulkan kemacetan yang tinggi pula, akibat ketidakmampuan jalan untuk menampung volume kendaraan yang melewati ruas-ruas jalan tersebut setiap hari. Pemerintah telah melakukan upaya-upaya untuk mengatasi kemacetan ini, namun belum berjalan efisien. Oleh karena itu bisa diterapkan Sistem Jalan Berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) pada ruas Jalan Sam Ratulangi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan dalam pemilihan rute. Penelitian ini menggunakan metode Stated Preference, kemudian diolah dengan analisa statistik binomial logit. Survei ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 200 responden berisi karakteristik pelaku perjalanan, meliputi kondisi sosio-ekonomi, dengan atribut selisih biaya perjalanan, selisih Volume Capacity Ratio (VCR), selisih kecepatan dan selisih waktu tempuh perjalanan antara Jalan Sam Ratulangi dan Jalan 17 Agustus di Kota Manado.
Hasil penelitian dikumpulkan dan kemudian dilakukan analisa regresi linear dan pemodelan dilakukan dengan menggunakan model binomial logit sehingga didapat variabel-variabel memiliki hubungan yang kuat dalam pemilihan rute. Akan terjadi perpindahan pemilihan rute, apabila selisih biaya perjalanan dari kedua rute tersebut > Rp. 4.000, kemudian jika selisih VCR Jl. Sam Ratulangi = 0,15 maka probabilitas pemilihan rute akan seimbang, dan apabila bila selisih VCR > 0,15 maka responden akan cenderung memilih Jl. 17 Agustus, pelaku perjalanan akan memilih rute Jl. Sam Ratulangi bila selisih kecepatan > 2 km/jam, Akan terjadi perpindahan rute dari Jl. Sam Ratulangi ke Jl 17 Austus apabila selisih waktu tempuh > -5 menit. Persamaan utilitas diperoleh: Y = 0,838445 + 0,000188  + 0,051353  + 0,022483  + 0,336948 Hasil dari regresi yang diperoleh telah memenuhi syarat, sehingga seluruh variabel bebas bersama–sama berpengaruh terhadap variabel terikat.
Â
Kata kunci: Binomial Logit, Electronic Road Pricing, Pemilihan Rute, Stated Preference