PENERAPAN METODE DATUM SATU TINGKAT PADA PEMILIHAN BAHAN PISAU ALAT PERAJANG SINGKONG

Authors

  • Michael E. Rembet

Abstract

Alat perajang singkong yang banyak digunakan masih bersifat sederhana dan dilakukan secara manual. Proses perajangan dikerjakan dengan posisi duduk di atas lantai, punggung yang dibungkukkan, kepala yang selalu tertunduk dan kaki yang tertekuk. Ini menyebabkan posisi kerja yang tidak nyaman bagi operator alat perajang sehingga hasil perajangan tidak maksimal.
Dalam penelitian ini, dilakukan modifikasi alat perajangan sehinga kondisi ergonomi operator jadi lebih baik dibandingkan dengan kondisi sekarang. Perancangan dilakukan dengan bantuan metode datum satu tingkat.Hasil perancangan kemudian ditabelkan dalam tabel morfologi.
Berdasarkan hasil perancangan, dipilih baja sebagai bahan rangka. Selain itu juga dipilih kursi lipat sebagai tempat duduk operator. Selanjutnya alat perajang tersebut digerakan dengan kaki dengan bantuan mekanisme roda gigi dan rantai. Posisi operator sebagai sumber tenaga penggerak dipilih berada di belakang.

Kata kunci : Alat Perajang Singkong, Metode Datum Satu Tingkat

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Rembet, M. E. (2022). PENERAPAN METODE DATUM SATU TINGKAT PADA PEMILIHAN BAHAN PISAU ALAT PERAJANG SINGKONG. Jurnal Tekno Mesin, 8(1), 1–4. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/43120

Issue

Section

Articles