RANCANG BANGUN KONDENSATOR PADA DISTILATOR NIRA AREN MENJADI ALKOHOL

Authors

  • Milkha N.T. Kenang Fatek Unsrat
  • Stenly Tangkuman Jurusan Teknik Mesin Unsrat
  • Benny Maluegha

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtmu.v9i1.48222

Abstract

Proses pendinginan di distilator tradisional pada petani nira aren Sulawesi Utara dilakukan dalam bambu yang dibuat seperti pipa. Pendinginan dengan cara ini dianggap relatif tidak mudah dan rumit. Satu cara agar proses dapat lebih mudah dan ringkas adalah penggunaan kondensator yang terbuat dari logam. Namun pembuatan kondensator logam relatif lebih rumit dibandingkan dengan pembuatan pendingin dari bambu. Penelitian ini mengungkapkan tentang rancang bangun kondensator pada distilator nira aren menjadi alkohol. Kondensator yang dirancang dan dibangun adalah kondensator yang terbuat dari logam. Kadar alkohol produk distilator dengan kondensator logam kemudian diukur.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga langkah utama. Langkah pertama adalah rancang bangun kondensator. Kondensator ini selanjutnya diuji bersamaan dengan distilator pada Langkah kedua sehingga kadar alkohol produk dapat diukur. Langkah ketiga adalah hasil perancangan disimpulkan. 

Dimensi kondensator yang dibuat adalah sebagai berikut. Tinggi tabung kondensator adalah 40,0 cm dan diameter tabung adalah 25,0 cm. Pipa kondensator dalam tabung dibuat dari tembaga sepanjang 400 cm yang berdiameter 1,27 cm. Distilator nira aren dengan kondensator itu dapat menghasilkan produk alkohol dengan kadar 55% pada pengujian pertama dan alkohol dengan kadar 35 % pada pengujian kedua.

Kata kunci: Distilasi, Kondensator, Alkohol

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Kenang, M. N., Tangkuman, S., & Maluegha, B. (2023). RANCANG BANGUN KONDENSATOR PADA DISTILATOR NIRA AREN MENJADI ALKOHOL. Jurnal Tekno Mesin, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.35793/jtmu.v9i1.48222

Issue

Section

Articles