RANCANG BANGUN KONDENSOR PADA ALAT PENGUBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK

Authors

  • Alfaro S. Rorimpandey Jurusan Teknik Mesin Unsrat
  • Stenly Tangkuman Jurusan Teknik Mesin Unsrat
  • Markus Umboh Jurusan Teknik Mesin Unsrat

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtmu.v9i1.48241

Abstract

Plastik merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yang ada di dunia, khususnya di Indonesia. Penggunaan bahan plastik semakin lama semakin meluas karena sifatnya kuat dan tidak mudah rusak oleh pelapukan. Oleh karena itu, pemamfaatan plastik ini diperlukan metode pirolis untuk melalui proses pemanasan tanpa atau sedikit okesigen atau preaksi kimia lainnya, dimana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas. dan untuk metode kondensasi atau metode pengembunan adalah perubahan ke wujud yang lebih padat, seperti gas (uap) menjadi cairan.

Tujuan dari penelitian ini yang pertama merancang kondensor pada alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak. Yang kedua membuat kondensor berdasarkan hasil perancangan untuk alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak. Yang ketiga mendapat kuantitas produk bahan bakar minyak dari alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Berdasarkan hasil perancangan dibuat kondensor dengan dimensi tinggi tabung 400 mm dan diameter 200 mm, sedangkan untuk dimensi pipa kondensor berdiameter 12,7 mm dengan panjang 4000 mm dengan volume tabung 12,5 liter dan volume pipa kondensor 0,5 liter.

Hasil pengujian kondensor dengan jumlah produk per 1 kg bahan baku menghasilkan bahan bakar minyak 0,008 liter (PET), 0,2 liter (LDPE) dan 0,39 liter (PP). Kemudian untuk pengujian massa jenis diperoleh 625  (LDPE), dan 661  (PP).

Kata kunci: Sampah plastik, Kondensor, Bahan bakar

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Rorimpandey, A. S., Tangkuman, S., & Umboh, M. (2023). RANCANG BANGUN KONDENSOR PADA ALAT PENGUBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK. Jurnal Tekno Mesin, 9(1), 30–36. https://doi.org/10.35793/jtmu.v9i1.48241

Issue

Section

Articles