PENENTUAN STRATEGI BISNIS UKM JASA JAHIT DENGAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Irany Nur Halimah Rizkawati Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsrat
  • Agung Sutrisno Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsrat
  • Johan S. C. Neyland Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsrat

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtm.v10i2.59326

Keywords:

SWOT Analysis, Tailoring Services, MSMEs

Abstract

Micro, small and medium enterprises (MSMEs) in clothing sewing services are one of the important economic actors in the national economic ecosystem. However, the business activities they carry out are still carried out haphazardly and have never utilized the SWOT method to formulate business development strategies that are expected to be better. This research is related to the application of the SWOT method to sewing business services within the MSME scope with a case study of sewing service actors in Amurang. The data collection mechanism was carried out through observation and in-depth interviews with several sewing service business actors. The results of the SWOT analysis study show that the company's position is in quadrant I which is related to aggressive strategy. Furthermore, this research also maps various strategy options in the W-T strategy cluster to increase opportunities and the W-O cluster strategy to minimize threats in the sewing services industry ecosystem.

Keywords: SWOT Analysis, Tailoring Services, MSMEs.

 

ABSTRAK

 

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jasa jahit pakaian merupakan salah satu pelaku ekonomi penting dalam ekosistem perekonomiaan nasional. Namun demikian, aktivitas usaha yang mereka lakukan masih dilakukan secara asal asalan dan belum pernah memanfaatkan penggunaan metode SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang diharapkan menjadi lebih baik. Penelitian ini terkait dengan penerapan metode SWOT pada jasa usaha menjahit dalam lingkup UMKM dengan studi kasus pada pelaku jasa menjahit di amurang. Mekanisme pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam kepada beberapa pelaku usaha jasa menjahit tersebut. Hasil kajian analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I yang berkaitan dengan strategi agresif. Selajutnya penelitian ini juga memetakan berbagai pilihan strategi pada klaster strategi W-T untuk meningkatkan peluang dan strategi klaster W-O untuk meminimalkan ancaman dalam ekosistem industri jasa jahit.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Jasa Menjahit, UMKM

References

Amalia, N. (2019). Tinjauan Syariah Strategi Produksi Berdasarkan Pesanan Berbasis Make To Order Dan Assemble To Pada Usaha Griya Batik Barata Di Desa Tegalwaru Kecamatan Mayang Kabupaten Jember

Anggraini, R. D., Suwarsono, L. W., & Aisha, A. N. (2020). Perancangan Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia Umkm Al-zahar Menggunakan Metode Swot Dan Benchmarking. eProceedings of Engineering, 7(2).

Arvianti, P., & Saraswati, T. G. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisa Swot Pada BisnIS Keluarga Famouscarf Official. eProceedings of Management, 6(2).

Dalimunthe, M., & Fikri, I. (2019). Implementasi fintech terhadap UMKM di kota Medan dengan analisis SWOT

Freddy, Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: GramediaPustakaUtama, 2004.

Fitra anugrah pratama, (2017). Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sari Apel Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM. Skripsi Program S1 Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian.

Harlindong, D. (2023). Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis jasa Bengkel Motor, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Unsrat.

Inayati, T. (2018). Perumusan Strategi Dengan Analisis SWOT Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojokerto, Jawa Timur).

Mahfud, M. H. (2020). Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis swot. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113-125.

Nafi'ah, I. (2017). Analisis SWOT dan Strategi Keunggulan Bersaing Pada BMT Artha

Buana Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

Nur Imamah, S. (2023). Analsiis inovasi produk dalam pencapaian keunggulan bersaing usaha jahit Yuli di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 881-898.

Ramadhan, M. F., & Rukmana, A. N. (2023). Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT dan BMC pada Nos Jeans. Jurnal Riset Teknik Industri, 51-58.

Sangkoy, R. (2023). Intergritas Metode SWOT dan QSPM untuk Strategi Pengembangan Produk Minuman Tradisional “ Cap Tikus”, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Unsrat.

Wardini, S. U., & Daroini, A. (2023). Manajemen Strategi Pendidikan Islam Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Di SMK Al Khoiriyah). Jurnal Al Hikam, 4(2), 1-9.

Widyasari, N. P. A., Aisyah, N., Kanan, W., Wardana, I. K., Ariwijaya, H., & Kurubit, A. (2023). Analisis Strategi Keunggulan Bersaing pada Usaha Jahit Ayu Tailor di Kelurahan Hanga-Hanga Kabupaten Banggai. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2023), 1-9.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Rizkawati, I. N. H., Sutrisno, A., & Neyland, J. S. C. (2025). PENENTUAN STRATEGI BISNIS UKM JASA JAHIT DENGAN ANALISIS SWOT. Jurnal Tekno Mesin, 10(2), 156–162. https://doi.org/10.35793/jtm.v10i2.59326

Issue

Section

Articles