Peranan Orang Asli Papua (OAP) Dalam Perdagangan Sektor Informal Dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pasar Sentral Timika Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika Papua

Authors

  • Marviel Roxy Tarru Program Studi Sosiologi FISPOL-UNSRAT
  • Shirley Y.V.I Goni Program Studi Sosiologi FISPOL-UNSRAT
  • Antonius Purwanto Program Studi Sosiologi FISPOL-UNSRAT

Abstract

Dalam Pasar Sentral Timika, terdapat pedagang asli Papua dan non Papua. Pedagang non Papua adalah mereka para pendatang yang berasal dari suku bangsa luar tanah Papua (non Papua). Sedangkan pedagang asli Papua adalah pedagang yang merupakan Orang Asli Papua (OAP). Sebagian besar pedagang asli Papua yang berjualan di pasar adalah mama-mama Papua ada yang berjualan secara tradisional atau informal dan ada juga dari mereka yang menjalankan Usaha Kecil Menengah (UKM). Namun sangat disayangkan, peranan Orang Asli Papua (OAP) dalam perdagangan sektor informal dan sebagai pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) masih kalah bersaing dengan mereka para pendatang yang ada dipasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam seperti bagaimana peranan Orang Asli Papua (OAP) dalam perdagangan sektor informal, kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pasar Sentral Timika, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan sebagai alat analisis penelitian ini adalah sistem sosial dan teori A-G-I-L Talcott Parsons.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa peranan Orang Asli Papua (OAP) dalam perdagangan sektor informal dan Usaha Kecil Menengah (UKM) masih kurang dalam memperhatikan ketiga aspek penting dalam kewirausahaan, yaitu aspek modal, kreativitas dan inovasi. Artinya, mereka pedagang asli Papua harus membutuhkan kerja keras dengan waktu yang cukup lama untuk lebih maju dan bisa bersaing dengan para pendatang, apabila mereka tidak memperhatikan ketiga aspek penting ini. Tujuannya adalah dengan memperhatikan ketiga aspek ini dapat membuat para pedagang asli Papua memiliki nilai tambah tersendiri, menjadi kreatif, inovatif, berkembang dan semakin maju dalam aktivitas kegiatan perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pasar Sentral Timika.

 

 

Kata Kunci: Peranan, Orang Papua Asli, Perdagangan, Kewirausahaan

Downloads

Published

2021-09-25

Issue

Section

Articles