Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Bagi Masyarakat Di Desa Nanim Kecamatan Ayumnati Kabupaten Lanny Jaya
Abstract
Rendahnya pendidikan tentu akan sangat mempengaruhi adanya proses perubahan social bagi masyarakat sebagaimana dikemukakan oleh Mallassis (1996), bahwa dengan adanya pendidikan yang tinggi akan sangat menyebabkan adanya perubahan sosial bagi masyarakat. Oleh karena itu faktor pendidikan akan menjadi penentu dalam proses perubahan social bagi masyarakat. Semakin baik tingkat pendidikan masyarakat maka semakin baik pula tingkat keejahteraan keluarga atau masyarakat. Karena dengan pendidikan yang tinggi sudah barang tentu akan ada perubahan prilaku, yang dicerminkan dari akses pengetahuan sebab banyak masyarakat yang telah mengenyam tingkat pendidikan yang tinggi mereka akan lebih baik tingkat keejahteraan hidupnya dibanding dengan penduduk yang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui Peran Pendidikan dalam proses perubahan Sosial bagi masyarakat di Desa Nanim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan dan pengolahan data penulis menggunakan data observasi; Pola Wawancara; penggunaan ndata primer dan sekunder serta studi Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini penulis mengambil petunjuk dari Miles dan Humerberman (1984) dimana analisa kualitatif berupa Reduksi Data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa proses pendidikan yang berlangsung di Desa Nanim belum dapat berjalan secara efektif. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa belum berfungsinya pendidikan secara baik disebabkan karena proses pertikaian didalam masyarakat yang dipengaruhi oleh adanya perang antar suku kedua kelompok masyarakat. Selain itu belum berfungsinya proses pendidikan secara baik disebabkan karena masih minimnya SDM masyarakat dan Kekurangan Guru serta dipengaruhi oleh adanya proses belajar mengajar yang kurang efektif.
Kata Kunci :Â Peran, Pendidikan, Perubahan Sosial, Masyarakat