Pengaruh Sikap, Perilaku Dan Motivasi Dalam Menonton Korean Pop Terhadap Gaya Hidup Remaja Di Media Sosial Kota Manado
Abstract
  Korean POP adalah merupakan sebuah Budaya Korea Selatan yang sampai saat ini , masuk di Indonesia dan sangat mempengaruhi Sikap, Prilaku dan Motivasi khususnya bagi kalangan Remaja di Media Sosial. Penelitian ini bertujuan : 1). Mengetahui pengaruh sikap remaja dalam menonton dalam menonton Korean Pop terhadap gaya hidup remaja di media social. 2). Mengetahui pengaruh perilaku remaja dalam menonton dalam menonton Korean Pop terhadap gaya hidup remaja di media social. 3). Mengetahui pengaruh motivasi remaja dalam menonton dalam menonton Korean Pop terhadap gaya hidup remaja di media social. 4). Mengetahui pengaruh sikap, perilaku dan motivasi remaja dalam menonton dalam menonton Korean Pop secara bersama-sama terhadap gaya hidup remaja di media sosial. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif dengan teknik Analisis data menggunakan bantuan analisis SPSS 26 Tahun 2020. Dari data yang ada menunjukan bahwa setiap variabel independen X1, X2, X3 yakni variabel Sikap, Prilaku dan Motivasi maka secara simultan atau secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen Y atau Gaya Hidup Remaja. Dengan demikian dapat diperoleh pernyataan sebagai berikut: H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini berarti Sikap. Prilaku dan, Motivasi, berpengaruh terhadap Gaya Hidup Remaja. Dengan melihat hasil perhitungan dari Hasil Koefesien Determinasi berganda (R2) maka didapati bahwa R2 telah menunjukkan hubungan antar variabel yang kuat dimana 0,504 adalah mendekati 1. Dimana R2 menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 0,504, dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independent secara simultan variabel Sikap (X1) Prilaku (X2) dan Motivasi (X3), telah mempengaruhi Gaya Hidup Remaja (Y) sebesar 50,4% sedangkan sisanya 49,6% telah dipengaruhi oleh faktor lain yang berada diluar lingkup penelitian ini. Sedangkan dari perhitungan Korelasi Koefisien Berganda bahwa R= 0,710, dari data ini bisa diinterpretasikan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara variabel yang ada. Selain itu juga arah hubungan dari tiap variabel adalah positif karena nilai r positif, hal ini berarti semakin tinggi variabel independent (Sikap, Prilaku dan Motivasi Remaja dalam menonton Korean Pop) maka semakin meningkatkan variabel dependen dalam hal ini Y (Gaya Hidup Remaja). Jadi semakin tinggi sikap, Prilaku dan Motivasi khususnya di Media Sosial di Kota Manado maka akan semakin mempengaruhi Gaya Hidup Remaja dalam menonton Korean POP.
Â
Kata Kunci: Sikap, Motivasi, Gaya Hidup, Â Remaja, Media Sosial