Strategi Pedagang Tradisional Di Era Pemasaran Online Di Pasar 45 Kota Manado

Authors

  • Agusniat Telaumbanua Program Studi Sosiologi Unsrat
  • Selvie Tumengkol Program Studi Sosiologi Unsrat
  • Jouke J Lasut Program Studi Sosiologi Unsrat

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keberadaan pedagang tradisional di pasar 45 kota manado dan Untuk mengetahui bagaimana strategi bertahan pedagang tradisional di era pemasaran online di pasar 45 kota manado. Di era digital kebutuhan masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan berbagai hal. Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat aktivitas masyarakat sudah tidak bisa di batasi oleh ruang dan waktu. Kecanggihan teknologi saat ini maka media sosial tidak hanya di gunakan untuk berkomunikasi dan mencari berita. Belakangan media sosial juga digunakan untuk perdagangan, sekarang ini daya saing ekonomi dan perdagangan adalah persaingan berbasis global. Semakin menipisnya batas-batas kegiatan ekonomi atau perdagangan secara nasional, namun semakin mengglobal dan melibatkan banyak negara. Salah satu perdagang global yang saat ini berkembang yaitu pemasaran online. Begitu juga dengan pedagang tradisional do Pasar 45 Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan strategi yang dapat digunakan adalah Strategi Fokus,  Strategi Diferensiasi, Strategi Keungulan Biaya Rendah. Modal sosial yang ada di Pasar 45 terdiri dari : jaringan, kepercayaan, dan norman social.

 

Kata Kunci : Strategi, Pedagang Tradisional, Pemasaran Online

 

Downloads

Published

2023-04-23