Dampak Sosial Minimarket Terhadap Warung Kecil Di Desa Liwutung Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara

Authors

  • Chrisanto Sante Program Studi Sosiologi Unsrat
  • Evie A.A. Suwu Program Studi Sosiologi Unsrat
  • Nicolaas Kandowangko Program Studi Sosiologi Unsrat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang dampak sosial minimarket terhadap warung kecil di Desa Liwutung. Mata pencaharian rata-rata masyarakat adalah bertani. Sebagian kecilnya adalah pedagang, tukang buruh bangunan, pegawai negeri sipil, dan lain-lain. Ada dua minimarket yang berdiri di Desa Liwutung yaitu indomaret, dan alfa midi dan telah beroperasi diantara warung, sehingga menjadi persaingan antara minimarket, dan pedagang warung. Penelitian dilakukan di Desa Liwutung dengan menggunakan metode kualitatif dan melakukan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan pendapatan, omzet dan perubahan jumlah pembeli. Pendapatan pedagang warung bisa mencapai 4 juta per hari, namun setelah hadirnya minimarket pendapatan, omzet, dan jumlah pembeli berkurang khususnya warung yang dekat minimarket mengalami banyak penurunan dibandingkan warung yang jauh dari minimarket.

Kata Kunci: Dampak Sosial, Minimarket, Warung Kecil

Downloads

Published

2023-06-17