HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN KECANDUAN SMARTPHONE DENGAN GANGGUAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA DI SMA NEGERI 9 BINSUS MANADO

Authors

  • Faradian Tarlemba Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi
  • Afnal Asrifuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi
  • Fima L.F.G. Langi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Gangguan tidur merupakan suatu kumpulan kondisi yang dicirikan dengan gangguan dalam jumlah, kualitas, waktu tidur pada seorang individu. Gangguan kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya tingkat stres dan kecanduan smartphone. Stres pada remaja merupakan salah satu penyebab dari gangguan tidur oleh karena adanya tekanan seperti dalam mengerjakan tugas sekolah, ujian serta berkaitan dengan masa pertumbuhan. Penggunaan smartphone secara berlebihan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang menjadi terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dan kecanduan smartphone dengan gangguan kualitas tidur pada remaja di SMA Negeri 9 Binsus Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian studi potong lintang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi di SMA Negeri 9 Binsus Manado. Besar sampel dalam penelitian ini berjumlah 173 responden. Instrumen yang digunakan yaitu Perceived Stress Scale-10, Smartphone Addiction Scale-Short Version dan Pittsburgh Sleep Quality Index. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square dengan CI=95% dan α=0,05. Hasil yang didapatkan yaitu sebanyak 74,4% responden mengalami stres sedang dengan kualitas tidur yang terganggu dengan nilai Ï=0,925, selain itu responden yang mengalami kecanduan smartphone yang kualitas tidurnya terganggu sebanyak 62,0%, nilai p=0.026. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tidak terdapat hubungan tingkat stres dengan gangguan kualitas tidur dan terdapat hubungan kecanduan smartphone dengan gangguan kualitas tidur pada remaja di SMA Negeri 9 Binsus Manado.

 

Kata Kunci : Tingkat Stres, Kecanduan Smartphone, Gangguan Kualitas Tidur

 

ABSRACT

Sleep disturbance is a collection of conditions characterized by disorders in the number, quality, sleep time of an individual. Disorders of sleep quality can be influenced by several factors, including stress levels and smartphone addiction. Stress in adolescents is one of the causes of sleep disorders due to pressure such as doing schoolwork, examinations and relating to the growth period. Excessive use of smartphones can also affect a person's sleep quality to be disturbed. This study aims to determine the relationship between stress levels and smartphone addiction with impaired sleep quality in adolescents at Manado Binsus High School 9. This research is a quatitative research with cross sectional study design. This research was conducted in October-November 2018. The population  in this study were students at Manado Binsus High School 9. The sample size in this study amounted to 173 respondents. The instruments used were the 10th Perceived Stress Scale, Smartphone Addiction Scale-Short Version and Pittsburgh Sleep Quality Index. Data analysis using univariate and bivariate analysis with Chi-Square statistical test with CI = 95% and α = 0.05. The results obtained were 74.4% of respondents experiencing moderate stress with impaired sleep quality with a value of Ï = 0.925, in addition respondents who experienced smartphone addiction whose sleep quality was disrupted as much as 62.0%, p value = 0.026. The conclusion of this study is that there is no correlation between stress levels and impaired sleep quality and there is a relationship between smartphone addiction and sleep quality disorders in adolescents in Manado Binsus High School 9.

 

Keywords : Stress Levels, Smartphone Addiction, Sleep Quality Disorders

Downloads

Published

2019-02-15