TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTERI TENTANG MENARCHE DI SMP NEGERI 3 RATAHAN KECAMATAN RATAHAN KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Authors

  • Fekie Pontororing

Abstract

Menarche adalah keluarnya darah pertama kali pada wanita yang menginjak dewasa melalui sistem reproduksinya. Usia saat seorang anak perempuan mulai mendapat menstruasi sangat bervariasi, sebab hal itu tergantung kepada faktor suku, genetik, gizi, social dan ekonomi seseorang. Umumnya menarche terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun atau pada masa awal remaja di tengah masa pubertas sebelum memasuki masa reproduksi. Dari survey awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 3 Ratahan jumlah siswa siswi SMP Negeri 3 Ratahan sampai pada bulan juli tahun 2014 berjumlah 110 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 57 orang dan jumlah siswi perempuan 53 orang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja puteri tentang Menarche di SMP Negeri 3 Ratahan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menggambarkan pengetahuan remaja puteri tentang Menarche. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 siswi. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi yang berjumlah 53 responden. Analisis data dalam bentuk tabel frekwensi. Hasil penelitian ini adalah pengetahuan responden bahwa dari 53 responden, yang sudah mengalami menarche berjumlah 37 responden (69,8%) dan belum mengalami menarche berjumlah 16 responden (30,2%), dengan tingkat pengetahuan remaja puteri yang sudah mengalami menarche terbanyak berpengetahuan baik yaitu 31 responden (58,5%), sedangkan remaja puteri yang belum mengalami menarche terbanyak berpengetahuan cukup yaitu 9 responden (17%). Kesimpulan bahwa remaja puteri yang sudah mengalami menarche memiliki pengetahuan lebih tinggi dari pada remaja puteri yang belum mengalami menarche oleh karena itu perlunya petugas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada remaja tentang menarche agar kesehatan reproduksi remaja puteri akan jadi lebih baik dimulai sejak dini.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Remaja, Menarche

 

ABSTRACT

Menarche in Teenagers is the first menstrual period that occurs in puberty in a woman. Age occurs in menarche at the age of 11-13 years according to sarwono 2011. Impact if young women do not know how to cleanse themselves, namely: there will be itching on the skin, inflammation of the vaginal surface, and the occurrence of UTI (urinary tract infection) and throwing pads instead of the place. The results of interviews with one teacher said that there were about 5 female students who did not attend school because of menstrual symptoms that made them feel uncomfortable. The aim of the study was to explore in depth all the teenagers who did not know and know about menarche at the Kendahe State Middle School, Kendahe District, Tahuna District. This type of research is a type of qualitative research that is a method using a thought process that starts with collecting data and then draw conclusions in general from the results of his research. The subjects in the study were 3 female students and 2 homerooms and 1 school principal. Conclusion Research shows that the knowledge of young women about menarche preparation at Kendahe I Middle School has not been known and has never heard of menarche. The absence of more specific menarche reproductive health activities / programs carried out by schools and health centers in Kendahe I Middle School.

 

Keywords: Knowledge, Youth, Menarche