HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK DENGAN TINDAKAN MEROKOK SISWA DI SMK NEGERI 2 MANADO
Abstract
Kawasan tanpa rokok telah diatur dengan jelas dalam Permenkes no 188 tahun 2011 yang menjelaskan tentang KTR dan untuk tata cara pelaksanaannya juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 7 Tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan kawasan tanpa rokok  yang betujuan untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari asap rokok, Peraturan serupa juga dibuat oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, No 64 Tahun 2015 yang mengatur secara khusus tentang pelaksaan KTR di lingkungan Sekolah. Tujuan penelitian Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang kebijakan kawasan tanpa rokok dengan tindakan merokok siswa Sekolah Menegah Kejuruaan Negeri 2 Manado. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional pada siswa di Sekolah Menegah Kejuruaan Negeri 2 Manado pada bulan Juni 2018 – November 2018. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa di Sekolah Menegah Kejuruaan Negeri 2 Manado.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kriteria inklusi dan eklusi adalah 279 responden. Penelitian ini mengunakan alat ukur kuesioner Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 279 siswa yang menjadi responden sebagian besar yaitu 155 siswa (55,6%) dikategorikan berpengetahuan baik dan kategori kurang baik sebanyak 124 siswa (44,4%) dan sebanyak 148 siswa (53,0%) dikategorikan sikap baik dan 131 siswa (47,0%) dikategorikan kurang baik serta 180 siswa (64,5%) dikategorikan memilki tindakan baik dan 99 siswa (35,5%) dikategorikan memiliki tindakan kurang baik.
Â
Kata Kunci: Kawasan Tanpa Rokok, sekolah
Â
ABSTRACT
The school has a regulation regarding KTR, which is contained in the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Regulation, No. 64 of 2015, which is about KTR in the School environment which has a purpose and objective, namely to create a clean, healthy and smoke-free school environment (Kemendikbud, 2015). Research Objectives To find out the relationship between knowledge and attitudes about regional policies without smoking with the act of smoking students of State Vocational School 2 Manado. Method of this research is descriptive in students at the Vocational High School 2 Manado State in June 2018 - November 2018. The population in this study were all students at State Vocational School 2 Manado. The sample used in this study was based on criteria inclusion and exclusion were 279 respondents. This study uses a questionnaire measuring instrument Based on the results of the study showed that of the 279 students who were respondents, the majority were 155 students (55.6%) categorized as good knowledge and poor categories as many as 124 students (44.4%) and 148 students (53.0%) were categorized as attitudes good and 131 students (47.0%) were categorized as poor and 180 students (64.5%) were categorized as having good actions and 99 students (35.5%) were categorized as having bad actions. The conclusion in this study is that there is a relationship between students' knowledge about the policy of non-smoking areas with students' smoking actions and there is a relationship between students' attitudes about non-smoking regional policies and the smoking action of students.
Â
Key word: Non-smoking Areas, School