HUBUNGAN ANTARA LAMA KERJA DAN BEBAN KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA PENCARI BESI BEKAS DI KELURAHAN TALIKURAN UTARA

Authors

  • Astri Melisa Watuseke
  • Odi Pinontoan
  • Harvani Boky

Abstract

Salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Kelurahan Talikuran Utara  adalah pencari besi bekas. Dalam pekerjaan yang dilakukan ini pekerja membutuhkan tenaga untuk mengangkat, mengemas dan mengangkut besi bekas yang didapat. Aktivitas ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan, dengan waktu kerja yang cukup lama dan beban kerja yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara lama kerja dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja pencari besi bekas di Kelurahan Talikuran Utara. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2016 di Kelurahan Talikuran Utara Kecamatan Kawangkoan. Jumlah sampel 79 orang dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map dan diolah di spss menggunakan uji chi-square dengan P value = 0,05. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara lama kerja dengan keluhan muskuloskeletal dengan hasil p = 0,002, terdapat hubungan antara beban kerja dengan keluhan muskuloskeletal dengan hasil p = 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara lama kerja dan beban kerja dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja pencari besi bekas di Kelurahan Talikuran Utara. Disarankan, sekiranya para pekerja pencari besi bekas memperhatikan waktu kerja yang di gunakan dalam mencari besi dan dapat memperhatikan waktu kerja dengan sebaik-baiknya. Untuk para pencari besi bekas yang ada di Talikuran untuk tidak menggangkat beban terlalu lama dengan melihat kondisi tubuh pekerja.

                                              

Kata Kunci : Lama kerja, Beban Kerja, Keluhan Muskuloskeletal

 

ABSTRACT

One of the work performed by most of society Wards of North Talikuran is a former iron search. In this work require workers to In this work require workers to pick up, Pack and transport the metal scrap. This activity can lead to health problems, by quite a long work time and work load. This research aims to analyze the relationship between Long Work With Musculoskeletal Complaints on iron search former workers in the village of North Talikuran. This research is a survey research analytic with cross sectional approach implemented in September-October 2016 in village of North Talikuran sub-district of Kawangkoan. The number of sample 79 people by using the questionnaire in the nordic body folder and processed in spss using chi-square test P value = 0.05. The results of the research there shows the relationship between long work with musculoskeletal complaints with result p = 0.002, there is the relationship between the workload with musculoskeletal complaints with result p = 0.001. Conclusion of this research there is a long relationship between the work and the workload with musculoskeletal complaints on iron search former workers in the village of North Talikuran. It is recommended, if the former iron search workers noticed the work time in use in search of iron and can pay attention to the time of working with the best. For the seekers of metal scrap are there in Talikuran for not lifting weights too long to look at the condition of the body of workers.

 

Keywords: Long work, the workload, Complaint Musculoskeletal

Downloads