ANALISIS PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM PANCARAN KASIH GMIM MANADO

Authors

  • Risky Joko Manaida
  • Adisti A. Rumayar
  • Grace D. Kandou

Abstract

Klaim BPJS adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS Kesehatan, dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Klaim BPJS yang tidak layak untuk rawat jalan dan rawat inap di RSU Pancaran Kasih GMIM selama 1 tahun (2015-2016) sebanyak 67 berkas rawat jalan dan 205 berkas untuk rawat inap. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis prosedur pengajuan klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rawat Inap RSU Pancaran Kasih GMIM Manado menggunakan metode kualitatif dengan indepth interview yang diambil dari 4 informan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian diperoleh untuk rekapitulasi pelayanan masih terdapat hal-hal yang perluh diperbaiki antara lain banyak perawat dan juga DPJP yang masih sering salah dalam mengisi tanggal masuk perawatan dan tanggal keluar, berkas yang tidak terisi diagnosa penyakit dan perlu konfirmasi lagi dengan dokter yang menangani pasien tersebut selain itu untuk berkas pendukung pasien dan bukti pelayanan lainnya masih ada hal-hal yang perluh diperbaiki oleh pihak rumah sakit mulai dari diagosa dari dokter yang tidak tepat, perbedaan koding antara rumah sakit dan koding BPJS dan hasil pemeriksaan penunjang yang tidak ada berkasnya. Kesimpulan yang di dapat adalah Prosedur pengajuan klaim untuk poin rekapitulasi pelayanan dan berkas pendukung pasien dan bukti pelayanan lainnya masih ada hal-hal yang masi perlu di perbaiki lagi oleh pihak rumah sakit. Saran bagi RSU Pancaran Kasih untuk memperkuat kerja sama dengan dokter dan perawat agar tidak terjadi kesalahan penulisan data pasien dan untuk BPJS agar lebih memperbanyak pelatihan mengenai pengajuan klaim BPJS kesehatan dengan pihak RSU Pancaran Kasih GMIM Manado.

Kata Kunci: Klaim BPJS, Rawat Inap, Rumah Sakit, BPJS Kesehatan,


ABSTRACT
Claim BPJS is the Submission of patient care costs BPJS participants by the hospital to the BPJS Health, Done collectively and billed to the BPJS Health every month. Inadequate BPJS for outpatient and inpatient in GMIM Pancaran Kasih General Hospital for 1 year (2015-2016) ofoutpatient and 205 files for hospitalization. This research aims to analyse the procedure of claim submission Social Security Administering Agency (BPJS) Health in Patient Hospital Pancaran Kasih General Hospital GMIM Manado, using qualitative method with indepth interview taken from 4 informants. Examination or checking of data validity using source triangulation and method triangulation. The result obtained for the recapitulation of services there are still that need to be improved among others, many nurses and DPJP are still often wrong in filling the date of admission and the date of exit, files that are not filled with disease diagnoses and need to be confirm again with the doctor who handles the patient in addition to the patient support files and evidencet of other services there are still that need to be repaired by the hospital, ranging from diagnoses from inappropriate doctors, coding differences between hospitals and BPJS coding and results of investigations that have no file. The conclusion that can be obtained are the claiming procedure of service recapitulations points and patient support files and other proof of service there still that need to be fixed by the hospital. Suggestion for Pancaran Kasih General Hospital is to strengthen cooperation with doctors and nurses to avoid errors in writing patient data and for BPJS to further increase training on BPJS Health claim submission with Pancaran Kasih General Hospital GMIM Manado.

Keywords: Claim BPJS, Inpantient Care, BPJS Health

Downloads