KAJIAN TENTANG STRATEGI PROMOSI KESEHATAN PADA PENYAKIT HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN MINAHASA UTARA
Abstract
Penyakit Hipertensi merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat dan menjadi masalah kesehatan yang sangat serius. Berdasarkan data Penyakit tidak menular (PTM) 5 tahun terakhir di Dinas Kesehatan Minahasa Utara, Penyakit Hipertensi menjadi Penyakit yang paling menonjol. Untuk itu, institusi kesehatan harus bisa mempengaruhi masyarakat untuk hidup sehat sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatannya berdasarkan kebijakan-kebijakan yang diimplementasikan dalam bentuk program-program yang akan mewadahi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui/mengkaji tentang Strategi Promosi Kesehatan penyakit hipertensi diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam dengan 12 informan dan telaah dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepalabidang KesehatanMasyarakat DinKes Minut, Pemegang Program Promosi Kesehatan DinKes Minut, Kepala seksi Penyakit Tidak menular (PTM) Dinkes Minut, Pemegang Program Penyakit Tidak Menular (PTM) DinKes Minut, Kepala Puskesmas Airmadidi dan Puskesmas Batu, Pemegang Promkes Puskesmas Airmadidi dan Puskesmas Batu, Pemegang Program PTM Puskesmas Airmadidi dan Puskesmas Batu dan Masyarakat berjumlah 2 orang. . Data diolah secara manual dengan membuat transkrip kemudian disusun dalam bentuk matriks dan dilakukan teknik pemeriksaan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi. Dari hasil wawancara mendalam yang dilakukan tentang strategi Promosi Kesehatan pada penyakit Hipertensi di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara, sudah terlaksana walaupun belum maksimal. Kegiatan Advokasi, Pemberdayaan Masyarakat, Bina Suasana dan kemitraan sudah terlaksana walaupu belum maksimal.
Kata kunci : Strategi Promosi Kesehatan, Advokasi, Pemberdayaan Masyarakat, Bina Suasana dan Kemitraan.
ABSTRACT
Hypertension is included in one of the Disease is not contagious (PTM) which is a threat to public health and be a very serious health problem. The increasing cases of PTM is more specific to the disease of hypertension need to be brought to the attention of the community to participate and play a role in prevention efforts and control of risk factors for PTM. Health promotion is the first step that can be done to empower the public in achieving the degree of optimal health for everyone. Health institutions as community health services play an important role in increasing degrees of health of the people. The purpose of this research is to know/review of the strategy of health promotion disease hypertension relic in the Regency of Minahasa health service work. This study uses qualitative methods, in-depth interviews with doing with 12 informants and review documents. Informants in this study was head of public health in Health Office north Minahasat, holders of health promotion program in Health Office north Minahasa, head of the not Infectious Disease section Does (PTM) Health Office Program, holder of the not Infectious Disease (PTM), head of the Health Office Minut Health centers and clinics Airmadidi stone, holder of health promotion in health centers and clinics Airmadidi, Stone Holders Seek PTM Airmadidi Program and clinics and in the community amounted to 2 people. . Data processed manually by creating a transcript later arranged in the form of a matrix and performed the examination technique with the triangulation of sources and methods. The research results are presented in the form of a narrative. From the results of the in-depth interviews conducted about Health Promotion strategies on Hypertension disease in the region of North Minahasa Regency Health Office, already implemented although not yet at the maximum. Activities of advocacy, community empowerment, community development and partnerships already done Mood stats helper monkeys haven't been fullest.
Keywords: Health promotion strategy, advocacy, community empowerment, community development and partnerships.