HUBUNGAN ANTARA HIGIENE PERORANGAN TERHADAP KECACINGAN PADA BALITA DI DAERAH RAWAN BANJIR DI DESA DODAP PANTAI KECAMATAN TUTUYAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Authors

  • Karla Adelin Rembet
  • Harvani Boky
  • Sri Seprianto Maddusa

Abstract

Hygiene perorangan adalah kebiasaan hidup dengan selalu memperhatikan kebersihan diri seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, memakai alas kaki, memotong kuku dan kebiasaan mandi. Penyakit cacingan adalah penyakit adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacingan dalam tubuh manusia yang ditularkan melalui tanah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara hygiene perorangan ibu terhadap kecacingan pada balita di daerah rawan banjir di Desa Dodap Pantai Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jenis Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik berbasis laboratorium dengan pendekatan rancangan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dan balita di Desa Dodap Pantai Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan sampel sebanyak 34 responden. Penelitian dilaksanakan di Desa Dodap Pantai Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, pada bulan mei sampai oktober tahun 2018. Menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner dan hasil laboratorium dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan Chi-square CI = 95% dan α = 0,05. Hasil yang di peroleh yaitu nilai Odds Ratio (OR) = 0,238 dan 95% CI = 0,19-2,974 yang artinya responden yang memiliki hygiene perorangan yang tidak baik beresiko 0,238 kali lebih besar menderita kecacingan dari pada responden yang memiliki hygiene perorangan yang baik. Ada hubungan antara hygiene perorangan ibu dengan kejadian kecacingan pada balita di Desa Dodap Pantai Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Hal ini ditandai dengan hasil analisa bivariat yang menunjukan bahwa nilai p = 0,014 (p<0,05). Bagi ibu yang memiliki balita disarankan untuk lebih membiasakan cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir, rutin memotong kuku anak, selalu memakaikan alas kaki pada saat anak bermain di tanah dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kata Kunci: Higiene, Cacing, Balita


ABSTRACT

Personal hygiene is a living habbit with always make an attention to cleanliness, such as washing hands before and after eat, wearing footwear, cutting nails and take a bath. Worm disease occurs due to worm infection in the human body which is transmitted through soil. The purpose of this study is to know that there is a relationship between mother personal hygiene and helminthians ( worm disease ) in toddlers at flood prone areas Dodap Pantai Village Districs of Tutuyan East Bolaang Mongondow Timur. The type of this research is observational analysis based on laboratory with cross sectional approach. The population of this research is all of mother and toddlers in Dodap Pantai Villiage Districs of Tutuyan East Bolaang Mongondow Timur, with 34 samples of respondence. This research is held in Dodap Pantai Village District Tutuyan East Bolaang Mongondow Timur in month of Mei until October 2018. Using research instrument questionaire and samples of laboratory with univariate and bivariate analysis using chi-square CI =95% and α=0,05.The results obtained were Odds ratio value (OR) =0,238 and 95% CI=0,19-2,974, which means respondence who not have a good personal hygiene risk 0,238 times bigger to suffering helminthians ( worm disease) than the person who have a good hygiene. There is a relationship between mother personal hygiene with helminthians ( worm disease) in toddlers in Dodap Pantai Village District of Tutuyan East Bolaang Mongondow Timur. This is indicate by the results of bivariate analysis which is shown the value p=0,014. For mothers who have toddlers it is advisable to be more accustomed to washing hands using soap and clean water flowing, routinely cutting children’s nails, always wearing footwear when children play on the ground and maintain environmetntal cleanliness.

Keywords:Hygiene, Worm, Toddlers

Downloads