FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT TB PARU PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GIRIAN WERU KOTA BITUNG

Authors

  • Putri W. Lambanaung Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Afnal Asrifuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sekplin A. S. Sekeon Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang menular disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis. Di tahun 2018 jumlah kasus yang tercatat di Puskesmas Girian Weru Kota Bitung adalah sebanyak 80 kasus dengan 68 kasus BTA positif sehingga sangat dibutuhkan adanya upaya dalam mencegah penyakit TB paru. Apa saja faktor-faktor  yang berhubungan dengan upaya pencegahan penyakit Tuberkulosis merupakan tujuan dalam penelitian ini. cross sectional adalah desain penelitian yang digunakan dalam penelitian  ini.  Penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu mulai dari bulan Agustus dan berakhir pada bulan September 2019 di wilayah kerja Puskesmas Girian Weru Kota Bitung. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh masyarakat yang berjumlah 32.029 dan sampel penelitian yaitu 73 responden. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Kuesioner, kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS dengan uji Chi square. Analisis bivariat didapatkan nilai untuk pengetahuan dengan upaya pencegahan sebesar (p=0,009)  yang menunjukkan bahwa pengetahuan bermakna terhadap upaya pencegahan TB Paru, untuk sikap dengan upaya pencegahan (p=0,043) yang menunjukkan bahwa sikap tidak berpengaruh terhadap upaya pencegahan penyakit TB paru, untuk tingkat pendidikan dengan upaya pencegahan yiatu (p=0,417) yang menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan, dan (p=0,206) untuk pekerjaan dengan upaya pencegahan yang menunjukkan tidak adanya pengaruh.

 

Kata Kunci: pengetahuan, sikap, tingkat pendidikan, pekerjaan, upaya pencegahan TB Paru

 

ABSTRACT

Tuberculosis (TB) is a direct infectious disease caused by a bacterium called Mycobacterium tuberculosis. In 2018 the number of cases recorded at the Community Health Centers Girian Weru in Bitung City was 80 cases with 68 cases of positive acid resistant bacteria so that efforts were needed to prevent pulmonary TB. What  factors only were relation with efforts to prevent pulmonary TB disease is the purpose of this research. cross sectional is  the  design that  used in this research.   This research carried out for two months, start from August and finished in September 2019 in the working area of Community Health Centers Girian Weru in Bitung. The population in this research were all people which amounted to 32,029 and the samples in this study were 73 respondents. An instrument that used in this research is questionnaire, then processed using SPSS with Chi square test. The bivariate analysis obtained a value for knowledge with prevention efforts (p = 0.009)  that showed that knowledge affected the efforts to prevent pulmonary TB, for attitudes with prevention efforts (p = 0.043) that indicate that attitudes have no effect on efforts to prevent pulmonary TB, for the level of education with prevention efforts is (p = 0.417) that indicate no relationship, and (p = 0.206) for work with prevention measures that show no effect.

 

 

Keywords: Knowledge, attitude, education level, occupation, and prevention of pulmonary TB

Downloads