HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)TATANAN RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KIMA ATAS KOTA MANADO

Authors

  • Yuliana N. Salmon Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Adisti A. Rumayar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ardiansa A.T. Tucunan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Kegiatan Perilaku hidup bersih dan sehat inii tatanan rumah tangga dapat berpengaruh pada derajat kesehatan keluarga itu sendiri. Pengembangdesa dankeurahan dapat memberdayakan keluarga-keluarga agar mampu melaksanakan kegiatan PHBS. Tndkanhdiup Bersih dan Sehat merupakan tindakan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat dalam hal ini yaitu sekumpulan perilaku yang dapat di praktikkan dalam menjadikan seseorang, keluarga, atau masyarakat bisa berperan aktif dn mampu membantudirinya sendiridalam bidanykesehitan. Penelitian ini jugadilakukanumtuk mengetahui hubunganpengetahuan dan sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) rumahangga di Kelurahan Kima Atas Kota Manado. Metodde penliitian adallah survei nalitik dengan desaign penelitan yaitu cross sectional (potong lintang). Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Oktober 2019 di Kelurahan KimaAtas KataManado. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang berada di Kelurahan Kima Atas Kota Manado yang berjumlah 319 rumah tangga. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77sanpel. Teknik pengambilan sampel yaitupurposiivesampling. Analisis data yang diipergunakan adalah analisis univariatbivariat. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pengetahuan responden baik 45,5% dan pengetahuan responden kurang baik 54,5%, sikap responden baik 40,3% dan sikap responden kurang baik 59,7%. Kesimpulan yang diadapatkann penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antarapenetghuan dan sikap dengan PHBS tatananrumah tanga.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 

ABSTRACT

Clean and healthy behavior in the household setting can affect the health status of the family itself. Rural and urban village development can empower families to be able to practice . Clern and HoalthyBenavior is an action in realizing public health in this case, namely a set of behaviors that can be practiced in making a person, family, or community cm play dan active role and be able to help then selves in the heahsector. This resech wasconucted to dertrmine the relationp of ledge an attitudes with theClea and helt Behaviof the household order in the KimAtas Village, Manado City. The research method is an analytical survey with a research design that is cross sectional. This research was conducted in May-Oktober 2019 in the Kima Atas Village, Manado City. The popution inthis study were all houesholdsin the Kima Atas Kelurahan of the City of Manado, amountinto 319 households. The sample in this study amounted to 77 samples. The sampling technique is purposive sampling. Analysis of the data used is univariate and bivariate analysis. The results of this research are 45.5% of respondents 'good knowledge and 54.5% of respondents' poor knowledge, 40.3% of respondents 'good attitude and 59.7% of respondents' poor attitude. The conclusion or thisstudy showe that there is a relationsh betweeknowledge and attitude with PHBS household order.

 

Keywords: Knowledge, Attitude, Clean and Healthy Behavior

Downloads