PENGARUH IKLAN BAHAYA MEROKOK TERHADAPPENGETAHUAN DAN SIKAP MEROKOK PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 AMURANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Evita Christiani Egeten Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Afnal Asrifuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Iklan bahaya merokok merupakan sebuah bentuk program komunikasi massa untuk menyampaikan pesan atas nama maksud baik. Iklan bahaya merokok memiliki tujuan untuk memberikan informasi, memengaruhi atau mengingatkan kembali tentang gagasan–gagasan khusus yang menyangkut fakta dan latar belakang atau penyebab terjadinya gangguan kesehatan yang diakibatkan jika kita mengonsumsi rokok sehari-hari. Rokok adalah hasil olahan tembakau yang terbungkus, dihasilkan dari tanaman Nicotiana tabacum, Nicotiana rustica dan spesies lainnya atau sintetisnya yang mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Tempat penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 3 Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan pada bulan November-Desember 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 77 pesera didik dengan cara purposive sampling. instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh pValue = (0,000<0,05) yang artinya terdapat peningkatan yang bermakna terhadap pengetahuan dan sikap peserta didik tentang rokok.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Rokok, Peserta Didik.

 

ABSTRACT

Smoking hazard ads are a form of mass communication program to convey a message on behalf of good intentions. Smoking hazard ads have a purpose to provide information, influence or recall about specific ideas related to facts and background or causes of health disorders that result if we consume cigarettes daily. Cigarette is the result of processed tobacco that is wrapped, produced from the plant Nicotiana tabacum, Nicotiana rustica and other species or the sinteticism containing nicotine and tar with or without additives. This study using an pre eksperimental with a one group pre-test post-test design. The place of this research was conduted at the SMP Negeri 3 Amurang East South Minahasa Regency on November-Desember 2020 with the sample used 77 students by purposive sampling. This study used a questionnaire as instrument.the result in this study is obtained pValue = (0,000<0,05) witch means that there is a significant in increase in student knowladge and attitude of cigarettes.

 

Keyword : knowladge, attitude, smoking, students

Downloads