HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS PINGKAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Lidya Manorek Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ardiansa A. T. Tucunan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Budi T. Ratag Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan mencakup kesempurnaan dari pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan kepuasan pasien. Kemampuan Puskesmas dalam memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur dari tingkat kepuasan pasien. Dari survei awal yang dilakukan,  Puskesmas pingkan Tenga memiliki permasalahan mengenai mutu pelayan yang mengakibatkan pasien kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan yang bertugas dalam pelayanan obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara persepsi mutu pelayanan kesehatab dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional study  atau studi potong lintang. Populasi dalam penelitian ini  adalah pasien BPJS yang datang berobat ke Puskesmas Pingkan Tenga dari bulan Januari sampai bulan Agustus  2019 sebanyak 1350 pasien. Hasil penelitian menunjukkan mutu pelayanan kesehatan memiliki hubungan yang sigifikan dengan Kepuasan Peserta BPJS di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan.

 

Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS

 

ABSTRACT

The quality of health care embraces the perfection of health care which can cause patient satisfaction. Puskesmas efforts to meet the needs of patients can be measured by the patient satisfaction stage. From the initial review, Pingkan Tenga Health Center experienced problems related to the quality of services which resulted in patients being less satisfied with the services provided by health workers responsible for drug treatment. The purpose of this study is to analyze the relationship between perceived health service quality and patient satisfaction of BPJS participants at the Pingkan Tenga Health Center, South Minahasa Regency. This investigation is a review of a quantitative analysis using the rent boundary study approach. The population in this study is BPJS patients who come to get treatment at Pingkan Tenga Health Center from January to August 2019 as many as 1350 patients. The results of the study show that the quality of health care has a significant relationship with BPJS Participant Satisfaction at Pingkan Tenga Health Center in South Minahasa Regency.

 

Keywords: Service Quality, Patient Satisfaction, BPJS

Downloads

Published

2020-07-16