GAMBARAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN DI PUSKESMAS SAUSAPOR KABUPATEN TAMBRAUW PROVINSI PAPUA BARAT

Authors

  • Daniel H. Mirino Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Adisti A. Rumayar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Budi T. Ratag Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Latar Belakang: Sumber daya manusia kesehatan adalah semua orang yang bekerja secara aktif dan profesional di bidang kesehatan, berpendidikan formal kesehatan atau tidak. Kinerja sumber daya manusia kesehatan merupakan hasil kerja secara kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kinerja SDM kesehatan di Puskesmas Sausapor Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional study, yang dilaksanakan pada bulan September-November 2020. Populasi adalah seluruh pegawai yang berjumlah 43 pegawai dan sampel dalam penelitian ini adalah total pupulasi dengan kriteria inklusi yang bekerja minimal lebih dari atau sama dengan 1 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja SDM kesehatan dikategorikan baik yaitu berjumlah 25 pegawai (58,1%), sedangkan untuk kategori kinerja kurang baik yaitu 18 pegawai (41,9%). Kesimpulan kinerja SDM kesehatan di Puskesmas Sausapor sebagian besar termasuk kategori baik. Saran untuk SDM kesehatan agar dapat mempertahankan kinerja yang sudah baik dengan tidak datang terlambat ke puskesmas, melaksanakan tugas sesuai prosedur, disiplin saat bekerja dan mampu bekerja sama dengan semua pegawai yang ada. 

 

Kata Kunci: Kinerja Sumber Daya Manusia Kesehatan Di Puskesmas

 

ABSTRACT

Background: Health human resources are all people who work actively and professionally in the health sector, formal health education or not. The performance of health human resources is the result of work in terms of quality, quantity and timeliness achieved by an employee in carrying out his duties according to given responsibilities. The research objective was to describe the performance of employees at the Sausapor District Health Center. The research method is a quantitative with is a descriptive survey with a cross seqtional study approach, which was conducted in September-November 2020. The population is all employees totaling 43 people and the sample in this study is the total population with inclusion criteria who work for a minimum of 1 year or more. The The population is all employees totaling 43 employees and the sample in this study is the total population with minimum inclusion criteria of more than or equal to 1 year. The results of the study indicate that the  performance of health human resources is categorized as good, namely 25 employees (58,1%), while for the poor performance category, namely 18 employees (41,9%). In conclusion, most of the health human resources performance at the Sausapor Health Center were in the good category. Seggestions for health human resources in order to build good performance by not arriving late to the health center , carrying out tasks according to procedures, being disciplined at work and being able to work together with all existing employees.

 

Keywords: Performance of Health Human Resources at Puskesmas

Downloads