HUBUNGAN ANTARA PENGAWASAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETUGAS KESEHATAN YANG KONTAK DENGAN PASIEN TUBERKULOSIS

Authors

  • Titania R.G Tatuil Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Vanda D. Doda Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Asep Rahman Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Pada umumnya risiko terjadinya penularan penyakit di fasilitas pelayanan kesehatan lebih besar bila dibandingkan dengan yang terjadi di masyarakat. Sedangkan petugas kesehatan yang menangani pasien tuberculosis merupakan kelompok risiko tinggi untuk terinfeksi tuberculosis. Alat Pelindung Diri menjadi alternative petugas kesehatan dalam melindung diri agar supaya tidak terkontaminasi dengan penyakit di yang ada ditempat kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengawasan dangan penggunaan APD pada petugas kesehatan yang kontak dengan pasien tuberculosis. Menggunakan metode survei analitik dengan rancangan survei cross sectional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 orang yang merupakan perawat ruang isolasi yang kontak erat dengan pasien tuberkulosis. Analisis Bivariat menggunakan uji Chi-square. Terdapat hubungan yang signifikan antara Pengawasan yang baik dengan kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri yang baik pada Petugas Kesehatan yang Kontak dengan Pasien Tuberkulosis dengan nilai p-value = 0,002. Penelitan ini menyimpulkan pengawasan merupakan salah satu hal yg penting untuk meningkatkan kepatuhan mentaati peraturan kesehatan.

 

Kata Kunci : Pengawasan, Penggunaan Alat Pelindung Diri

 

ABSTRACT

In general, the risk of disease transmission in health care facilities is greater than that of the community. Meanwhile, health workers who handle tuberculosis patients are a high-risk group for tuberculosis infection. Personal protective equipment is an alternative to prevent occupational accidents and even occupational diseases in health workers. The existence of personal protective equipment is an effort for health workers to provide an environment free from infection as well as an effort to protect themselves from patients against disease transmission. This study was conducted to determine the relationship between supervision and the use of PPE on health workers who had contact with tuberculosis patients. The method used in this study is an analytic survey using a cross sectional survey design. The approach used is a quantitative approach. The population in this study amounted to 41 people who were nurses in the isolation room who had close contact with tuberculosis patients. Bivariate analysis using the Chi-square test. There is a significant relationship between good supervision and compliance with the use of good personal protective equipment for health workers who contact tuberculosis patients with a p-value = 0.002. This research concludes that monitoring is one of the important things to improve compliance with health regulations.

 

Keyword: Supervision, Use of Personal Protective Equipment

Downloads