GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP SEKS PRANIKAH PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LOLAK KECAMATAN LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Authors

  • Jihan Larasati Ishak Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat Sam Ratulangi Manado
  • Hilman Adam Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat Sam Ratulangi Manado
  • Franckie R.R Maramis Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat Sam Ratulangi Manado

Abstract

Seks pranikah yaitu terjadinya kehamilan diluar nikah, hubungan seksual yang di lakukan saat belum ada ikatan pernikahan disebut dengan seks pranikah, pernikahan yaitu di laksanakan menurut agama dan kepercayaan yang menurut hukum, dan yang dilakukan tanpa pernikahan yang resmi merupakan perilaku seksual pranikah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap terhadap seks pranikah pada peserta didik di SMA Negeri 1 Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode penelitian yang bersikap survey deskriptif. Penelitian ini Peserta didik yang memiliki Pengetahuan Tentang Seks Pranikah kurang baik berjumlah 6 Peserta didik dengan 6.1%, dan Pengetahuan Tentang Seks Pranikah baik berjumlah 92 Peserta didik dengan 93.9%. Peserta didik yang memiliki Sikap Tentang Seks Pranikah kurang baik berjumlah 22 Peserta didik dengan 22.4%%, sedangkan Sikap Tentang Seks Pranikah baik berjumlah 76 Peserta didik dengan 77.6%.

 

Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Seks, Pranikah

 

ABSTRACT

Premarital sex, namely the occurrence of pregnancy outside of marriage, sexual relations that are carried out when there is no marriage bond is called premarital sex, marriage is carried out according to religion and belief according to law, and that is carried out without an official marriage is premarital sexual behavior. The purpose of this study was to describe the knowledge and attitudes towards premarital sex in students at SMA Negeri 1 Lolak, Lolak District, Bolaang Mongondow Regency. The research method is descriptive survey. In this study, students who had poor knowledge of premarital sex were 6 students with 6.1%, and knowledge of good premarital sex was 92 students with 93.9%. Students who had poor attitudes about premarital sex were 22 students with 22.4%%, while good attitudes about premarital sex were 76 students with 77.6%.

 Keywords: Knowledge, Attitudes, Sex, Premarital

Downloads