EKSPLORASI PERILAKU MEROKOK DAN MINUM KOPI DI RUMAH KOPI BILLY (RKB) PADA MASYARAKAT DI KOTA MANADO
Abstract
Perilaku merokok sudah menjadi kebisaaan pada masyarakat pada umumnya, khususnya di Indonesia. Tembakau membunuh hampir enam juta orang setiap tahun. Peningkatan konsumsi kopi domestik Indonesia, selain didukung dengan pola sosial masyarakat dalam mengkonsumsi kopi, juga ditunjang dengan harga yang terjangkau. Inilah salah satu penyebab yang mendorong terjadinya perilaku merokok dan minum kopi diwarung kopi. Intensi individu untuk menampilkan suatu perilaku ditentukan oleh determinan sikap, norma subjektif. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi intensi perilaku merokok dan minum kopi di Rumah Kopi Billy (RKB) pada masyarakat di Kota Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan eksploratif. Informan pada penelitian ini berjumlah 8 orang. Peneliti menggunakan alat bantu penelitian, antara lain: Perekam (Tape recorder), kamera, panduan wawancara, alat tulis. Berdasarkan hasil  wawancara  mendalam  dan  observasi  partisipasi  yang  telah  peneliti lakukan,  intensi  pengunjung datang  ke  kedai  kopi  secara umum dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: Rehat dan santai, bertemu rekan dan pekerjaan.
Â
Kata Kunci : Eksplorasi, Perilaku Merokok dan Minum Kopi, Intensi.
Â
ABSTRACK
Smoking behavior has become a habit in society in general, especially in Indonesia. Tobacco kills nearly six million people every year. The increase in domestic coffee consumption in Indonesia, apart from being supported by the social pattern of the community in consuming coffee, is also supported by affordable prices. This is one of the causes that encourages smoking and drinking coffee at coffee shops. The individual's intention to perform a behavior is determined by the determinant of attitude, subjective norm. The purpouse of this study was to explore the intention of smoking and drinking coffee behavior at Billy Coffee House (RKB) in the community in Manado City. This type of research is qualitative research, with an exploratory approach. The informants in this study were 8 people. Researchers used research tools, including: Tape recorder, camera, interview guide, writing instruments. Based on the results of in-depth interviews and participatory observations that researchers have done, the intention of visitors to come to the coffee shop in general can be categorized into 3, namely: resting and relaxing, meeting colleagues and work.
Â
Keywords : Exploration, Smoking and Drinking Coffe Behavior, Intention