Hubungan Antara Beban Kerja dan Stres Kerja dengan Perasaan Kelelahan Kerja pada Perawat di Ruang UGD dan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Amurang Kabupaten Minahasa Selatan

Authors

  • Rosava A.S. Saroinsong Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Woodford B. S. Joseph Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Grace D. Kandou Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Perasaan kelelahahan merupakan suatu keadaan atau kondisi yang muncul karena aktivitas fisik atau mental individu hingga individu menurunnya kinerja saat berkerja dan dalam hal ini disertai dengan munculnya perasaan letih dan lemah. Perawat memiliki beban kerja dan tuntutan yang tinggi dalam memberi pelayanan kepada pasien.Stres kerja pada perawat bisa terjadi apabila dalam tugas dan tuntutan yang dihadapinnya melampui batas kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan beban kerja dan stres kerja dengan perasaan kelelahan kerja pada perawat di ruangan UGD dan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Amurang Minahasa Selatan. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan mengunakan desain survei analitik dengan rancangan studi potong lintang cross-sectional study. waktu dan tempat dilakukan pada bulan Oktober – Desember di RSUD Amurang Minahasa Selatan. Analisis yang digunakan menggunakan analisis bivariat dan univariat. Pengolahan data yang dilakukan menggunakan uji kolerasi spearmen dan didapatkan hubungan beban kerja dan stres kerja dengan perasaan kelelahan kerja pada perawat didapatkan nilai p velue sebesar 0.003 (p < 0,05) dan untuk stres kerja dengan perasaan kelelahan kerja didapatkan nilai p velue sebesar 0.002 (p < 0.05)

 

KataiKuncii : Beban Kerja. Stres Kerja, Perasaan Kelelahan Kerja pada Perawat

 

ABSTRACTikjk

Feelings of fatiguei are ai condition or condition that arises due to individual physical or mental activity until the individual decreases in performance at work and in this case is accompanied by the emergence of feelings of fatigue and weakness. Nurses have a high workload and demands in providing services to patients. Work stress on nurses can occur if the tasks and demands they face exceed the ability limit. Thisi study aims itoi determinei the irelationship between workloadI andI worki stress iwithi feelings of worki fatiguei in nurses in thei emergency room and inpatient care at the Amurang South Minahasa Regional General Hospital. This study uses a quantitative method using an analytical survey design with a cross-sectional study design. The time and place was carried out in October – December at the Amurang Hospital, South Minahasa. The analysis used was bivariate and univariate analysis. Data processing was carried out using the Spearmen correlation test and it was found that the relationship between workload and work stress with feelings of work fatigue in nurses obtained a p-value of 0.003 (p <0.05) and for work stress with feelings of work fatigue, a p-value of 0.002 (p-value) was obtained ( p < 0.05)

 

Keywords : Workload. Work Stress, Feelings of Work Fatigue in Nurses

Downloads

Published

2022-11-30