Analisis Perbandingan Kinerja Manajer Pusat Pendapatan Saat Masa Pandemi Covid-19 dan Sesudah Pencabutan PSBB (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean)
Comparison Analysis Of The Performance Of Revenue Center Managers During The Covid-19 Pandemic And After The Revocation Of The PSBB Regulation (Study CasesAt PT. Hasjrat Cabang Tendean)
Abstract
Abstrak: Akuntansi pertanggungjawaban digunakan untuk mengukur kinerja pusat pertanggungjawaban dalam sebuah organisasi dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajer untuk mengoperasikan pusat tersebut. Sistem ini melibatkan pembagian organisasi menjadi berbagai pusat pertanggungjawaban dengan manajer yang bertanggungjawab atas kegiatan dalam masing-masing pusat. Manajer tersebut secara rutin mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada pimpinan perusahaan, dan kinerja mereka dievaluasi untuk menilai prestasinya. Dengan menganalisis hasil evaluasi ini, manajer mencari solusi jika hasil tidak sesuai dengan rencana. Penerapan sistem informasi akuntansi pertanggungjawaban yang efektif dapat membantu menciptakan pengendalian melalui pengukuran prestasi kerja manajer. Sesuai dengan masalah yang akan diteliti, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu membandingkan hasil kinerja manajer pusat pendapatan pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean saat pandemi covid-19 dan sesudah pencabutan peraturan PSBB apabila diukur dengan informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat ukur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja yang hanya berfokus pada data penjualan saja tidak efektif untuk mengukur kinerja manajer pusat pendapatan secara komprehensif. Diperlukan penerapan informasi akuntansi pertanggungjawaban dan penggunaan anggaran sebagai indikator untuk meningkatkan efektivitas penilaian. Informasi akuntansi pertanggungjawaban membantu dalam perencanaan, pengendalian, dan menegaskan tanggung jawab manajer terhadap kegiatan perusahaan. Proses penilaian kinerja yang komprehensif melibatkan tahap persiapan, seperti penetapan tanggung jawab dan manajer yang bertanggung jawab, penentuan kriteria pengukuran kinerja, serta tahap penilaian yang mencakup pengukuran kinerja sebenarnya. Dengan melibatkan proses ini, perusahaan dapat mengendalikan perilaku yang tidak semestinya dan mendorong perilaku yang diinginkan melalui umpan balik hasil kinerja.
Kata kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Kinerja Manajer Pusat Pendapatan
Abstract: Responsibility accounting is used to measure the performance of responsibility centers in an organization by providing the information needed by managers to operate the center. This system involves dividing the organization into various responsibility centers with managers responsible for activities within each center. These managers routinely account for the results of their work to the leadership of the company, and their performance is evaluated to assess their achievements. By analyzing the results of this evaluation, the manager seeks a solution if the results do not match the plan. Implementation of an effective responsibility accounting information system can help create control through measuring the work performance of managers. In accordance with the problem to be studied, the goal to be achieved in this study is to compare the performance results of revenue center managers at PT. Eternal Desires of the Tendean Branch during the Covid-19 pandemic and after the repeal of the PSBB regulations when measured by accountability accounting information as a measuring tool. The research method used is descriptive qualitative. Based on the analysis that has been done, it can be concluded that performance appraisal that focuses solely on sales data is not effective for comprehensively measuring the performance of revenue center managers. It is necessary to apply responsibility accounting information and use the budget as an indicator to increase the effectiveness of the assessment. Responsibility accounting information helps in planning, controlling, and confirming the responsibility of managers towards company activities. The comprehensive performance appraisal process involves preparatory stages, such as assigning responsibilities and responsible managers, determining performance measurement criteria, as well as an assessment stage that includes actual performance measurement. By engaging this process, companies can control inappropriate behavior and encourage desired behavior through feedback on performance results.
Keywords : Accountability Accounting, Revenue Center Manager Performance