Penerapan Levers of Control Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT Kurnia Abadi Kawanua Jaya (Persero)
Implementation Levers of Control in Improving Staff Performance at PT Kurnia Abadi Kawanua Jaya (Persero)
Abstract
Abstrak: Sistem pengendalian manajemen merupakan sistem ysng digunakan oleh manajer untuk mempengaruhi anggota organisasi agar melaksanakan strategi dan kebijakan organisasi secara efektif dan efisen dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Karena itu diperlukan alat yaitu dengan menerapkan sistem pengendalian manajemen yang tepat tanpa membatasi inovasi dan kreativitas karyawan. Salah satu model sistem pengendalian yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam penerapan sistem pengendalian manajemen yaitu Levers of Control. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Levers of Control pada PT Kurnia Abadi Kawanua Jaya (Persero) dalam upaya meningkatan kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, Hasil penelitian dan pembahasan memperlihatkan bahwa secara alami PT Kurnia Abadi Kawanua Jaya (Persero) telah menerapkan sistem pengendalian manajemen menggunakan model Levers of Control hal ini dapat dilihat dari Belief system, Boundaries System, Diagnostic Control, dan Interactive Control System Akan tetapi peneliti menemukan kelemahan dalam dalam penerapan sistem pengendalian manajemen menggunakan model levers of control berupa kurang efektifnya metode penyampaian belief system, masih kurangnya sosialisasi atas boundary system, dan tidak adanya kesempatan membuka komunikasi interaktif dengan bawahan menjadi satu kelemahan dalam interactive control system.
Kata kunci: Sistem Pengendalian Manajemen, Levers of Control, Kinerja Karyawan
Abstract: The management control system is a system used by managers to influence organizational members to carry out organizational strategies and policies effectively and efficiently in order to achieve company goals. Because of that, a tool is needed, namely by implementing an appropriate management control system without limiting employee innovation and creativity. One of the control system models that can be used as a guide in implementing a management control system is the Levers of Control. The purpose of this research is to find out how the implementation of Levers of Control at PT Kurnia Abadi Kawanua Jaya (Persero) in an effort to improve employee performance. The research method used is descriptive qualitative method. Methods of data collection were carried out through interviews, documentation and observation. The results of the research and discussion show that naturally PT Kurnia Abadi Kawanua Jaya (Persero) has implemented a management control system using the Levers of Control model. This can be seen from the Belief system, Boundaries System, Diagnostic Control. , and Interactive Control System. However, researchers found weaknesses in the implementation of management control systems using the levers of control model in the form of less effective belief system delivery methods, lack of socialization of the boundary system, and no opportunity to open interactive communication with subordinates, which is a weakness in interactive control system
Keyword : Management Control System, Levers of Control, Employee Performance