ANALISIS PEMASARAN DAGING KAMBING DI PASAR BERSEHATI DAN PASAR PINASUNGKULAN KOTA MANADO

Authors

  • Jeane C. Loing
  • B. Rorimpandey

DOI:

https://doi.org/10.35801/jlppmsains.3.2.2016.15214

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk: pertama, menganalisis berapa besar biaya operasional yang dipergunakan dalam pemasaran daging kambing di Pasar Bersehati dan Pasar Pinasungkulan Kota Manado, kedua, untuk menganalisis berapa besar keuntungan yang diterima pedagang daging kambing di Pasar Bersehati dan Pasar Pinasungkulan Kota Manado. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Penerimaaan Rp. 416.000,- per hari sampai dengan Rp. 5.400.000,- per hari, sedangkan per bulan bervariasi dari Rp. 12.500.000,- sampai dengan Rp. 167.500.000,- . Rata-rata besarnya keuntungan pedagang daging kambing di Pasar Bersehati dan Pasar Pinasungkulan Manado yaitu Rp. 1.500.000,- per hari dengan rata-rata volume penjualan 172 Kg per hari atau rata-rata per bulan sebesar Rp. 45.204.500,- dengan rata-rata volume penjualan sebesar 5.170 Kg/bulan. Adapun perbedaan besarnya keuntungan masingmasing pedagang daging kambing tersebut dikarenakan adanya perbedaan jumlah atau volume yang dipasarkan oleh masing masing pedagang dan dipengaruhi oleh harga beli dan harga jual serta selera konsumen yang memilih daging yang berbeda harganya lebih ekonomis, dan juga dipengaruhi oleh ada tidaknya hari-hari raya.
Dengan demikian disimpulkan bahwa Biaya terbesar dalam aktifitas pemasaran adalah pembelian ternak yaitu sebesar 92,75% daripada biaya lainnya. Besarnya keuntungan Rata-rata, rentabilitas pedagang adalah 56,31% dibandingkan SBBI atau Suku Bunga Bank Indonesia adalah 8%.

Downloads

Issue

Section

Articles