IDENTIFIKASI DAN PEDAMPINGAN UNTUK MENGATASI MASALAH SANITASI PADA PEMUKIMAN KUMUH DI KAMPUNG SANGER, SARIO MANADO

Authors

  • Herawaty Riogilang

DOI:

https://doi.org/10.35801/jlppmsains.3.2.2016.15216

Abstract

Perumahan dan pemukiman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan faktor penting dalam meningkatkan harkat dan martabat serta mutu kehidupan yang sejahtera dalam kehidupan bermasyarakat. Perumahan dan pemukiman juga merupakan bagian dari pembangunan nasional yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terarah, terpadu, terencana dan berkesinambungan.
Pembangunan perumahan serta pemukiman yang kurang terpadu, terarah, terencana dan kurang memperhatikan kelengkapan prasarana dan sarana dasar, cenderung mengalami degradasi kualitas lingkungan atau yang disebut dengan “Kawasan Kumuhâ€.
Berkaitan dengan lingkungan, dalam membangun suatu bangunan maupun perumahan harus mempertimbangkan lokasi, kondisi serta dampak yang dapat ditimbulkan bagi lingkungan disekitarnya. Objek yang akan dibangun nantinya pasti akan menyebabkan dampak tertentu bagi lingkungan tersebut. Keadaan maupun kondisi dari perumahan maupun lingkungan tersebut, tergantung dari bagaimana pemerintah serta masyarakat menyikapinya, dapat membuat keadaannya menjadi lebih baik atau sebaliknya menjadi lingkungan kumuh yang tidak sehat. Bertolak dari kenyataan itulah, perumahan yang berlokasi di Kampung Sanger, Sario masih terdapat beberapa rumah serta kondisi lingkungan yang tidak sehat (kumuh).
Beberapa rumah yang berlokasi di Kampung Sanger, Sario masih ada yang dapat dikatakan kurang layak serta kondisi lingkungannya yang tidak sehat. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya kesadaran dari pemerintah maupun masyarakat setempat akan pentingnya lingkungan yang sehat.
Kedepannya nanti, diharapkan masyarakat di Kampung Sanger, Sario dapat menyadari pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan dapat melakukan apa yang diperlukan untuk mengatasi banjir.

Downloads

Issue

Section

Articles