PELATIHAN SERVICE KENDARAAN RODA DUA BAGI KELOMPOK PEMUDA TUKANG OJEK DI DESA PAKUURE SATU MINAHASA SELATAN

Authors

  • Jemmy Charles Kewas

Abstract

Sekelompok Pemuda yang menamakan diri Perkumpulan Ojek Pakuure yang merupakan bagian dari masyarakat Desa Pakuure dengan jumlah anggota 31 orang adalah merupakan sumber daya yang produktif, yang berprofesi sebagai tukang, petani dan tukan ojek. Organisasi ini dibentuk dipersiapkan untuk menjalankan pembangunan dan menjadi tulang  punggung keluarga dalam hal untuk memperdalam pengetahuan dalam bidang otomotif khususnya kendaraan roda dua, dan usaha yang lain agar menjadi wiraswastawan yang sukses.
Seiring dengan makin banyaknya jumlah pemilikan kendaraan roda dua, maka para pemuda ini terdorong untuk melakukan atau memperdalam service dan perbaikan motor roda dua, namun mereka belum memahami dan belum memiliki peralatan yang memadai. Akan tetapi kegiatan ini mereka terus lakukan walaupun hanya sebatas apa yang mereka tahu dan bertanya di bengkel-bengkel reparasi. Oleh karena itu Perguruan Tinggi yang menjadi gudang ilmu pengetahuan teknologi dan seni sebagai mitra agar mereka bisa mandiri dengan pengetahuan dan keahlian yang diberikan. Agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang tidak diinginkan. Permasalahan yang dihadapi oleh perkumpulan ojek Pakuure sebagai Mitra dari tim pengabdian Unima adalah penguasaan teknologi dalam bidang otomotif khususnya perawatan dan perbaikan sepeda motor (Teknik Service Sepeda Motor). Tujuan yang ingin dicapai adalah menguasai materi sistim bahan bakar dan pembakaran, sistim pelumasan dan minyak pelumas serta sistim kelistrikan, teori dan praktek. Metode pendekatan yang akan dilakukan oleh tim pengabdian adalah metode pendidikan dan latihan agar tercapai tujuan yaitu penguasaan materi dan praktek.
Berdasarkan permasalahan dan solusinya maka luaran yang dihasilkan adalah mengetahui dan memahami cara mengatasi permasalahan ringan pada sepeda motor, menguasai teknik trobleshooting ringan seperti pergantian kanvas rem, pergantian ban roda belakang, dan pembersihan karburator sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru, memahami cara perawatan motor bensin roda dua dengan baik sehingga terhindar dari kerusakan-kerusakan yang diakibatkan karena pemakaian atau pengoperasian kendaraan yang tidak benar dan publikasi ilmiah.

Downloads

Published

01/31/2018

Issue

Section

Articles