UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI PADA SEDIAAN SABUN BERBAHAN BAKU VCO DAN EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH PALA (Myristica fragrans Houtt)

Authors

  • FIRGIN PRITTY DEISYELLA TUMUAHI UNIVERSITAS SAM RATULANGI
  • Meiske Sientje Sangi UNIVERSITAS SAM RATULANGI
  • Audy Denny Wuntu UNIVERSITAS SAM RATULANGI

DOI:

https://doi.org/10.35801/jlppmsains.8.2.2023.44227

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Uji Aktivitas Antioksidan dan Antibakteri Pada Sediaan Sabun Berbahan Baku VCO dan Ekstrak Etanol Daging Buah Pala (Myristica fragrans Houtt). Metode yang digunakan adalah preparasi sampel, ekstraksi sampel, uji aktivitas antioksidan ekstrak dengan metode DPPH, uji antibakteri ekstrak dengan metode difusi cakram, pembuatan sabun, uji aktivitas antioksidan formula sabun, uji antibakteri formula sabun, uji mutu dan karakteristik organoleptik sabun. Diperoleh hasil ekstrak etanol daging buah dengan rendemen sebesar 16,67%. Ekstrak etanol yang dihasilkan kemudian diuji aktivitas antioksidan dan antibakteri. Ekstrak etanol daging buah pala memiliki nilai IC50 sebesar 126,94 μg/mL yang tergolong dalam kategori sedang. Ekstrak etanol daging buah pala memiliki kemampuan menghambat bakteri yang tergolong dalam kategori kuat dan sangat kuat terhadap S.epidermidis dan E.coli. Ekstrak etanol daging buah pala lebih efektif menghambat E.coli daripada S.epidermidis. Ekstrak etanol daging buah pala kemudian dibuat sebagai bahan tambahan dalam formula sabun. Formula sabun kemudian diuji aktivitas antioksidan dan antibakteri dari masing-masing formula sabun. Formula sabun 1, 2, 3 dan 4 memiliki nilai IC50 yaitu sebesar 164,34 μg/mL (Lemah), 55,86 μg/mL (Kuat), 10,00 μg/mL (Sangat Kuat), 3,61 μg/mL (Sangat Kuat). Formula sabun juga memiliki aktivitas antibakteri yang baik terhadap S.epidermidis dan E.coli dengan daya hambatannya masuk dalam kategori yang kuat.

Downloads

Published

10/30/2023

How to Cite

TUMUAHI, F. P. D., Sangi, M. S., & Wuntu, A. D. (2023). UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI PADA SEDIAAN SABUN BERBAHAN BAKU VCO DAN EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH PALA (Myristica fragrans Houtt) . JURNAL LPPM BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(2), 103–111. https://doi.org/10.35801/jlppmsains.8.2.2023.44227