Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara Berdasarkan Indikator Pendidikan Menggunakan Analisis Cluster
DOI:
https://doi.org/10.35801/jlppmsains.7.1.2022.47784Abstract
Indikator pendidikan merupakan salah satu tolok ukur bagi pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil cluster yang terbentuk dan pengelompokan yang terbaik dengan menggunakan metode K-Means jarak Euclidean dan Manhattan untuk pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan Indikator Pendidikan. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara dan variabelnya adalah indikator pendidikan khususnya jumlah sekolah, jumlah guru dan jumlah siswa dari tingkat SD-sederajat sampai SMA/SMK-sederajat. Sumber data yaitu Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan metode K-Means jarak Euclidean dan Manhattan jumlah yang dibentuk untuk pengelompokan Kabupaten/Kota yaitu sebanyak 3 cluster. Perbandingan dari penelitian ini menggunakan simpangan baku. Hasil dari perbandingan kedua jarak tersebut diperoleh bahwa jarak Euclidean merupakan jarak yang baik untuk digunakan dalam penelitian ini, karena memiliki nilai simpangan baku dalam kelompok yaitu 0,2216 dan nilai simpangan baku antar kelompok yaitu 1,61251 sehingga nilai rasio simpangan baku yang didapat yaitu sebesar 0,13743.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Universitas Sam Ratulangi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.