Pemetaan Bawah Permukaan Melalui Pemodelan 3D Data Geolistrik Resistivitas Daerah Pra TPA Ilo-Ilo

Authors

  • Ririn Amma Endekan Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Gerald Hendrik Tamuntuan Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Seni H. J. Tongkukut Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • As'ari Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

DOI:

https://doi.org/10.35801/jlppmsains.8.2.2023.48972

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk memvisualisasikan dan memperkirakan kondisi bawah permukaan di daerah lahan pembangunan TPA kawasan Ilo-Ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Data sekunder resistivitas hasil pengukuran metode geolistrik konfigurasi Wenner-Alpha yang sudah diinversi menggunakan software Res2dinv dimasukkan pada software voxler yang menghasilkan bentuk visual kondisi bawah permukaan didaerah lahan pembangunan TPA kawasan Ilo-Ilo dalam bentuk 3 dimensi.  Diperoleh hasil bahwa dalam pemodelan secara 3 dimensi teridentifikasi keberadaan tiga potensi akuifer dengan nilai resistivitas ≤15 Ωm. Keberadaan akuifer pertama dan akuifer kedua berada pada kedalaman 10 hingga 65 meter dan akuifer ketiga terletak pada kedalaman 10-30 meter, dengan jumlah volume total ketiga akuifer sebesar 156.013,8m³.

Downloads

Published

10/31/2023