PEMODELAN PENJALARAN GELOMBANG TSUNAMI DAN INUNDASI DI DAERAH BOLAANG MONGONDOW SELATAN SEBAGAI AKIBAT GEMPA PADA ZONA SELATAN SUBDUKSI GANDA LAUT MALUKU (STUDI KASUS : DESA SALONGO DAN DESA PINOLOSIAN)

Authors

  • Risnawati M. Popoji Sam Ratulangi University
  • Gerald Hendrik Tamuntuan Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Guntur Pasau Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35801/jlppmsains.9.2.2024.56994

Abstract

Abstrak

 

Telah dilakukan penelitian untuk mengestimasikan waktu penjalaran gelombang tsunami dan tinggi gelombang tsunami serta pembuatan peta penjalaran gelombang tsunami yang dapat menerjang Desa Salongo dan Desa Pinolosian dengan menggunakan software TUNAMI-N2. Simulasi menggunakan skenario gempabumi yang berkekuatan  pada 2 lokasi penelitian dengan titik koordinat Desa Salongo  dan  dan  Desa Pinolosian  dan  diberikan 4 titik pengamatan atau tide gauge pada setiap lokasi penelitian untuk mendapatkan waktu penjalaran dan tinggi gelombang tsunami. Hasilnya menunjukkan bahwa tsunami dengan perkiraan kekuatan gempabumi  pada lokasi penelitian memiliki ketinggian maksimum penjalaran gelombang tsunami mencapai ketinggian 0,74 m pada Desa Salongo yang di kategorikan rendah dan ketinggian 1,15 m pada Desa Pinolosian di kategorikan sedang.

 

Kata kunci: Gelombang Tsunami, Inundasi, TUNAMI-N2.

Downloads

Published

09/05/2024

How to Cite

Popoji, R. M., Tamuntuan, G. H., & Pasau, G. (2024). PEMODELAN PENJALARAN GELOMBANG TSUNAMI DAN INUNDASI DI DAERAH BOLAANG MONGONDOW SELATAN SEBAGAI AKIBAT GEMPA PADA ZONA SELATAN SUBDUKSI GANDA LAUT MALUKU (STUDI KASUS : DESA SALONGO DAN DESA PINOLOSIAN). JURNAL LPPM BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI, 9(2), 85–93. https://doi.org/10.35801/jlppmsains.9.2.2024.56994