Peran Motivasi Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Authors

  • Kevin Chandra Universitas Sam Ratulangi
  • Firginia P. Manoppo Universitas Sam Ratulangi
  • Yanti M. Mewo Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/msj.v4i2.44856

Abstract

Abstract: In good learning achievement, good learning motivation is needed to encourage students to study. Therefore, learning motivation and learning achievement are interrelated and inseparable. One of the benchmarks in academic achievement is Grade Point Average (GPA). Results of the previous study showed that the Cumulative GPA (CGPA) in developing countries still has the potential to be further improved. This study aimed to find out the role of learning motivation on the CGPA of medical faculty students. This was a literature review study using three databases, namely Pubmed, ClinicalKey, and Google Scholar. The keywords used in the search for articles were "Motivation AND Grade Point Average AND Medical Faculty" & “Motivasi AND Indeks Prestasi AND Fakultas Kedokteran”. The results obtained 12 literatures with various research methods. Nine literatures showed that learning motivation was related to learning performance and academic achievement, while the other three literatures showed that learning motivation had no significant relationship to the learning achievement of students from Faculty of Medicine. In conclusion, learning motivation is one of the factors that can be related to as well as play a role in student CGPA achievements.

Keywords: learning motivation; cumulative grade point average; Faculty of Medicine

 

Abstrak: Dalam meraih prestasi belajar yang baik, diperlukan motivasi belajar yang baik pula untuk mendorong mahasiswa dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar dan prestasi belajar merupakan hal yang saling berkaitan dan tidak terpisahkan. Salah satu yang menjadi tolak ukur dalam prestasi akademik, yaitu Indeks Prestasi (IP). Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa nilai IP kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Kedokteran di Asia Tenggara, terutama di negara berkembang masih mempunyai potensi untuk lebih ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belajar terhadap IPK mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jenis penelitian ialah suau literature review dengan pencarian pada tiga database, yaitu Pubmed, ClinicalKey, dan Google Scholar. Kata kunci dalam pencarian artikel, yaitu “Motivation AND Grade Point Average AND Medical Faculty” & “Motivasi AND Indeks Prestasi AND Fakultas Kedokteran”. Hasil penelitian mendapatkan 12 literatur dengan beragam metode penelitian. Sembilan literatur menunjukkan bahwa motivasi belajar berkaitan dengan performa belajar serta prestasi akademik, sementara tiga literatur lainnya menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak mempunyai hubungan bermakna dengan prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran. Simpulan penelitian ini ialah motivasi belajar merupakan salah satu dari banyak faktor yang dapat berkaitan dan berperan terhadap capaian IPK mahasiswa.

Kata kunci: motivasi belajar; indeks prestasi kumulatif; Fakultas Kedokteran

Author Biographies

Kevin Chandra, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Firginia P. Manoppo, Universitas Sam Ratulangi

Medical Education Unit Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi ,Manado, Indonesia

Yanti M. Mewo, Universitas Sam Ratulangi

Medical Education Unit Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

References

Azizah NL. Pengaruh kerja part-time terhadap prestasi akademik dan non akademik mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya [Doctoral dissertation]. Surabaya: UIN Sunan Ampel; 2018. Available from: http://digilib.uinsby.ac.id/23055/1/Nur%20Lailatul%20AzizahD91213115. pdf

Peraturan Rektor Universitas Sam Ratulangi Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Akademik di Universitas Sam Ratulangi. [cited 2022 Aug 30]; Available from: https://sit.unsrat. ac.id/www/wp-content/uploads/2020/11/Peraturan-Rektor-Nomor-1_Tahun_-2019.pdf

Rahmawati E, Saputra O, Saftarina F. Hubungan gaya belajar terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. J Med. 2018;8(1):7-11. Available from: https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/2035/pdf

Pusparini M, Imaningdyah A, Andayani SH, Mahardhika ZP, Miranti DD. Hubungan antara IPK program sarjana kedokteran dengan nilai UKMPPD mahasiswa FKUY. J Ked Univ Lampung. 2016;1(2): 235-42. Available from: https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/article/view/1621

Siraj HH, Salam A, Roslan R, Hasan NA. Stress and its association with the academic performance of undergraduate fourth year medical students at Universiti Kebangsaan Malaysia. International Medical Journal Malaysia (IMJM). 2014;13(1):19-24. [cited 2022 Aug 31]. Available from: https://journals.iium.edu.my/kom/index.php/imjm/article/view/488

Pinyopornpanish M, Sribanditmongkok P, Boonyanaruthee V, Chan-ob T, Maneetorn N, Uuphanthsath R. Factors affecting low academic achievement of medical students in the faculty of medicine, Chiang Mai University. Changi Mai Med Bull. 2004;43:15-23. Available from: https://www. thaiscience.info/Journals/Article/CMMJ/10905027.pdf

Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Buku 3A Dokumen Kinerja Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Manado: Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi; 2022.

Kusbiantoro D. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 1 Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah Lamongan tahun akademik 2013/2014. Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah Lamongan; 2014. Available from: https://adoc.pub/ hubungan-motivasi-belajar-dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-.html

Astuti ER, Zakaria R. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik. J Health Sci Com. 2021;5(1): 222-8. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/10276/2846

Umboh ER, Kepel B, Hamel RS. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. J Kep. 2017;5(1). Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/ view/15824

Riezky AK, Sitompul AZ. Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. J Aceh Med. 2017;1(2):79-86. Available from: http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika/article/ view/148/148

UNG Peringkat 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Timur [Internet]. Ung.ac.id. 2022 [cited 2022 Sept 14]. Available from: https://www.ung.ac.id/home/berita/ung-peringkat-5-perguruan-tinggi-terbaik-di-indonesia-timur

Tampangela W. Unsrat Terakreditasi UNGGUL dari BAN-PT [Internet]. Manado: Universitas Sam Ratulangi; 2022 [cited 2022 September 2]. Available from: https://www.unsrat.ac.id/unsrat-terakreditasi-unggul-dari-ban-pt/

Profil Universitas - Universitas Sam Ratulangi [Internet]. Universitas Sam Ratulangi. 2022 [cited 2022 September 2]. Available from: https://www.unsrat.ac.id/profil-unversitas/

LAM-PTKes. Hasil Akreditasi Lam-PTKes [Internet]. LAM-PTKes. [cited 2022 Oct 1]. Available from: https://lamptkes.org/Hasil-Pencarian-Database-Hasil-Akreditasi?_token=OGpwLoswIV1S2 ABO1CnrfBpndBxaMeL6GLUbrw0Y&_method=patch&jenjang=SARJANA&nama_pt=UNIVERSITAS+SAM+RATULANGI%2C+MANADO&nama_ps=PENDIDIKAN+DOKTER&thn=&ok=

Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Nomor: 048/UN12.1/PP/2021 Tentang Rencana Strategis, Visi, Misi, Tujuan, Dan Strategi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado: Fakultas Kedokteran Unsrat; 2021.

Alzahrani SS, Soo Park Y, Tekian A. Study habits and academic achievement among medical students: A comparison between male and female subjects. Med Teach [Internet]. 2018;40(sup1):S1–S9. Doi: https://doi.org/10.1080/0142159X.2018.1464650.

Alaki SM, Yamany IA, Shinawi LA, Hassan MHA, Tekian A. Can multiple mini-interviews predict academic performance of dental students? A two-year follow-up. J Dent Educ [Internet]. 2016;80(11):1376–83. Doi: https://doi.org/10.1002/j.0022-0337.2016.80.11.tb06223.x

Muntean LM, Nireștean A, Sima-Comaniciu A, Mărușteri M, Zăgan CA, Lukacs E. The relationship between personality, motivation and academic performance at medical students from Romania. J Env Res and Pub Health [Internet]. 2022;19(15):8993. Doi: http://dx.doi.org/10.3390/ ijerph19158993

Shawwa A, Ahmad A, Abulaban A, Al-Shawwa L, Merdad A, Baghlaf S, et al. Factors potentially influencing academic performance among medical students. Adv Med Educ Pract [Internet]. 2015;65. Available from: http://dx.doi.org/10.2147/AMEP.S69304

Isik U, Wouters A, ter Wee MM, Croiset G, Kusurkar RA. Motivation and academic performance of medical students from ethnic minorities and majority: a comparative study. BMC Med Educ [Internet]. 2017;17(1):233. Doi: 10.1186/s12909-017-1079-9

Salem RO, Al-Mously N, Nabil NM, Al-Zalabani AH, Al-Dhawi AF, Al-Hamdan N. Academic and socio-demographic factors influencing students’ performance in a new Saudi Medical School. Med Teach [Internet]. 2013;35(Suppl1):S83-S89. Doi: https://doi.org/10.3109/0142159X.2013.765551

Sohilait I, Manoppo FP, Memah MF. Hubungan keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Medik dan Rehabilitasi. 2019;1(3):1-7.

Ompusunggu H. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen Journal of Medicine [Internet]. 2020;6(1):32–5. Available from: https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/medicine/article/view/247

Feng S, Meng X, Yan Y, Xu X, Xiao D, Brand-Saberi B, et al. Exploring the situational motivation of medical students through clinical medicine level test: a cross-sectional study. Adv Physiol Educ [Internet]. 2022;46(3):416–25. Available from: https://doi.org/10.1152/advan.00009.2022

Widiastuti Y. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2011. Repository Unri [Internet]. 2013. Available from: https: //repository.unri.ac.id/handle/123456789/2219

Ishaq C. Hubungan motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar pada mahasiswa Jurusan Ilmu Keperawatan Program A angkatan tahun 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya [Doctoral dissertation]. [Internet]. 2016. Available from: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126347/

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Chandra, K., Manoppo, F. P., & Mewo, Y. M. (2023). Peran Motivasi Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Medical Scope Journal, 4(2), 115–123. https://doi.org/10.35790/msj.v4i2.44856