A PENGUJIAN KADAR SENYAWA FLAVONOID EKSTRAK TERPURIFIKASI KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Authors

  • Messty Sukmasnastiti
  • Alip desi Suyono Saputri STIKES Nasional
  • Muhammad Sa'ad

DOI:

https://doi.org/10.35799/pmj.v7i1.48144

Abstract

Masyarakat Indonesi banyak yang mengonsumsi buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) karena rasanya yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan serta harganya yang ekonomis. Kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhiz) memiliki banyak khasiat antara lain sebagai antioksidan dan imunomodulator. Salah satu kandungan senyawa sekunder yang terdapat pada kulit buah naga adalah flavonoid. Tujuan penelitian ini yaitu mempurifikasi ekstrak kental etanol 96% dan melakukan penetapan kadar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode maserasi dengan etanol 96% yang dilakukan selama 5 hari, purifikasi ekstrak kental hasil dari maserasi dengan pelarut etil asetat. Kemuadian dilakukan analisis kuantitatif dengan spektrofotometri UV-Vis.

Analisis kuantitatif penetapan kadar flavonoid total ekstrak terpurifikasi menggunakan spektrofotometri UV-Vis diperoleh panjang gelombang 430 nm dan Operating Time 27 menit dengan menggunakan baku kuersetin. Berdasarkan hasil penelitian penetapan kadar flavonoid total ekstrak terpurifikasi kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhiz) yaitu sebesar 69,164 ± 0,0403 mgQE/g ekstrak (6,92 ± 0,01%).

Kata kunci: Kulit buah naga merah, ekstrak purifikasi, spektrofotometri UV-Vis, kadar flavonoid

Downloads

Published

2024-06-13