Implementasi Kebijakan Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Penanganan Dampak Covid-19 Di Kecamatan Matuari Kota Bitung

Authors

  • Sefferson Sumampouw Pascasarjana Universitas sam Ratulangi - Unsrat, Manado
  • Shirley Y. V. I. Goni
  • Deysi L. N. Tampongangoy

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpsp.v1i2.42479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi kebijakan pengelolaan dana kelurahan dalam penanganan dampak covid-19 di Kecamatan Matuari Kota Bitung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian terhadap indikator komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi dengan informan diambil menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari camat, kasubag keuangan kecamatan matuari, lurah, ketua LPM kelurahan dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyampaian informasi kepada masyarakat kurang dilaksanakan sosialisasi secara langsung karena adanya larangan berkerumun yang mengandalkan pada kegiatan masyarakat yaitu pada saat ada kegiatan suka duka dan tidak memanfaatkan teknologi informasi serta penyampaian tidak dilakukan secara konsisten oleh aparat kelurahan. Pada indikator sumber daya, SDM yang bertugas menjalakan kebijakan sangat kurang, anggaran yang dibutuhkan harus ditingkatkan serta fasilitas perlu diperbanyak. Pada indikator disposisi menunjukkan para pelaksana kebijakan telah memiliki sikap dan karakter yang baik namun perlu ditingkatkan agar meraih kepercayaan masyarakat karena masih ditemukan adanya diskriminasi karena pemberian bantuan masih subjektif karena kedekatan dengan perangkat kelurahan. Dan indikator struktur birokarasi menunjukkan bahwa SOP (Standar Operating Procedure) sudah termuat jelas dalam peraturan Walikota nomor 37 tahun 2020 ini dan sudah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal oleh pelaksana kebijakan. Kesimpulan penelitian ini adalah secara keseluruhan proses implementasi telah dijalankan berdasarkan SOP yang tersedia namun terdapat kendala dikarenakan adanya larangan pada saat kebijakan dibuat diantaranya adanya larangan berkerumun.

 

Keywords: Implementasi, Pengelolaan, Dana Keluruhanan, Covid-19

References

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC:

Congressional Quarterly Press

Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020 tetang Dana Kelurahan

Peraturan Walikota Bitung No. 37 Tahun 2020. Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penggunaan Dana Alokasi Umum Tambahan Bantuan Pendanaan Kelurahan Untuk Penanganan Dampak Covid-29 di Kota Bitung

Purwanto, I. 2020. Analisis Ketepatan Pengelolaan Dana Bantuan Sosial Covid-19 Sesuai Peraturan Menteri Sosial RI NO. 24 Tahun 2019. UMSU Pres.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta

Downloads

Published

2022-08-01