FORMULASI LILIN AROMATERAPI MINYAK LAVENDER (Oleum lavandala) DAN MINYAK MAWAR (Oleum rosa)

Penulis

  • Jovie Mien Dumanauw Poltekes Kemenkes Manado
  • Rilyn Maramis Poltekes Kemenkes Manado
  • Elvie Rindengan Poltekes Kemenkes Manado
  • Gloria Gansalangi Poltekes Kemenkes Manado

Abstrak

Aromaterapi adalah sediaan yang mengandung bahan-bahan dengan bau dan keharuman tertentu yang dapat memberikan efek relaksasi dengan memberi rasa tenang dan menghilangkan rasa tegang akibat sakit, tekanan pekerjaan, masalah keluarga, dan masalah sosial lainnya. Aromaterapi banyak dibuat dalam bentuk sediaan farmasi untuk membantu orang yang mengalami gejala atau keadaan insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat lilin aromaterapi campuran minyak Bunga Lavender (Lavandula angustifolia) dan minyak Bunga Mawar (Rose galica).

Penelitian ini bersifat deskriptif yang dilakukan di Laboratorium Teknologi Farmasi Poltekkes Kemenkes Manado. Pengujian sediaan terdiri dari Uji Organoleptik, Uji Kesukaan dan Uji Waktu Bakar. Data dianalisa dengan membandingkan standar SNI tentang pembuatan lilin..

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sediaan lilin aromaterapi yang memenuhi ketentuan secara organoleptik, uji kesukaan dan waktu bakar. Campuran Minyak Lavender dan Minyak Mawar dapat diformulasikan dalam sediaan lilin aromaterapi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-01

Cara Mengutip

Dumanauw, J., Maramis, R., Rindengan, E., & Gansalangi, G. (2022). FORMULASI LILIN AROMATERAPI MINYAK LAVENDER (Oleum lavandala) DAN MINYAK MAWAR (Oleum rosa). Prosiding Seminar Nasional Kefarmasian Program Studi Farmasi FMIPA Universitas Sam Ratulangi, 1(1), 7–11. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/semnasfarmasi22/article/view/44420