Peran Masyarakat terhadap Upaya Pelestarian Kawasan Hutan Bron di Desa Warembungan, Sulawesi Utara

Authors

  • Brando G. Ngelo Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Hard N. Pollo Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Semuel P. Ratag Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i1.41311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta masalah dalam Pelestarian Kawasan Hutan Bron Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng, Sulawesi Utara. Kriteria responden adalah petani, sopir-petani, tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga pendidik, mahasiswa, aparat desa, pemuda gereja, pekerjaan lainnya. Setiap kriteria diwakili 3 orang dari sebanyak 30 responden masyarakat asli Desa Warembungan.  Variabel yang diamati ialah peran masyarakat terhadap pelestarian Kawasan Hutan Bron serta persepsi masyarakat terhadap pelestarian Kawasan Hutan Bron.  Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peran masyarakat dalam pelestarian Kawasan Hutan Bron masih cukup baik yang didasari dengan hasil observasi dan wawancara, serta untuk persepsi masyarakat dalam pelestarian Kawasan Hutan Bron kurang baik juga didasari oleh observasi dan wawancara langsung dengan responden di Desa Warembungan.

References

Abdulsyani. 2012. Sosiologi: Skemtika, Teori, dan Terapan. PT. Bumi Aksara. Jakarta, Indonesia.

Djaali. 2008. Skala Likert. Pustaka Utama. Jakarta.

Kurniawan, E. 2018. Peran Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri III/I Komplek Air Panas Muara Bulian. Skripsi. Universitas Jambi. Jambi.

Melalolin, S. 2016. Struktur Dan Komposisi Vegetasi Pohon Di Stasiun Penelitan Hutan Bron Desa Warembungan Kabupaten Minahasa. Cocos 7 (1).

Nagel. 2011. Pelestarian Hutan Dalam Hubungannya Dengan Lingkungan Dan Potensi Ekonomi. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil), 4:7-13

Nugroho, F. 2021. Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Dan Lingkungan Perlu Yang Perlu Di Ketahui. https://www.bola.com/ragam/read/4654665/manfaat-hutan-bagi-kehidupan-dan-lingkungan-yang-perlu-diketahui diakses pada tanggal 6 Februari 2022.

Putri, A. 2020. Mengapa Kita Harus Menyelamatkan Hutan. https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/24/150000569/mengapa-kita-harus-menyelamatkan-hutan diakses tanggal 6 Februari. 2022.

Rahmawati. 2004. Fungsi Hutan dan Peranannya Bagi Masyarakat. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Risal, J. 2013. [Judul artikel tidak disesdiakan]. Jurnal Hukum & Pembangunan. Jakarta, Indonesia.

Sahputra, A. 2021. Peran Masyarakat Dalam Pemanfaatan Dan Pelestarian Jasa Lingkungan Di Kawasan Wisata Alam Simarjarunjung Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatra Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukarman. 2018. Partisipasi Masyarakat Mitra POLHUT Pada Upaya Perlindungan Pengamanan Hutan Di Taman Nasional Way Kambas. Lampung Timur. Jurnal Sylva Lestari, [detil tidak disediakan]

Tangilomban, O. 2021. Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Konservasi Hutan Mantobe di Desa Sondaken, Minahasa Selatan. Cocos 5(?)

Downloads

Published

2022-06-22

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>