Persepsi Masyarakat terhadap Program Kebun Bibit Rakyat di Desa Pontak Satu, Sulawesi Utara

Authors

  • Herdiana Para’pak Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Marthen T. Lasut Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Semuel P. Ratag Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i2.41315

Abstract

Kebun Bibit Rakyat yang adalah kegiatan pembuatan bibit tanaman hutan penghasil kayu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK), yang dikelola oleh perhutanan sosial yang pembiayaannya bersumber dari dana pemerintah dan dipergunakan untuk penanaman sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat pada kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi masyarakat dan faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap program Kebun Bibit Rakyat di Desa Pontak Satu, Kecamatan Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan.  Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara menggunakan kuesioner. Pentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling terhadap 42 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap program Kebun Bibit Rakyat termasuk dalam kategori baik (skor keseluruhan 1.421 atau 75,19%). Hal ini didukung dengan manfaat yang dirasakan atau didapatkan oleh masyarakat Desa Pontak Satu meliputi menambah pendapatan (ekonomi), adanya lapangan pekerjaan, mendapatkan bibit, mengurangi terjadinya bencana alam (banjir dan tanah longsor) dan mata air tetap lestari. Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap program Kebun Bibit Rakyat terdapat 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal yaitu umur, tingkat pendidikan dan pekerjaan sedangkan untuk faktor eksternal yaitu kurangnya sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat, kurangnya tenaga penyuluh dari pihak kehutanan, dan jarak lokasi Kebun Bibit Rakyat.

References

Fitriyya, M. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Inisiasi Menyusu Dini Melalui Kombinasi Metode Ceramah-Tanya Jawab-Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil di RB An-Nisa Surakarta. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Lutfi, A., A.T.Mulyadi, dan B. Supriono. 2014. Persepsi dan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Kabupaten Bogor. Jurnal Nusa Sylva, 14(1):32-42.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tenri O.A. 2016. Persepsi Masyarakat Terhadap Minimarket (Studi Kasus Pasar Atapange Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo). Disertasi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Downloads

Published

2022-08-25

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>