PENERAPAN REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE DALAM MEMODELKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH KASUS TUBERKULOSIS DI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Rini Asriyanti
  • Irma Yahya
  • Bahriddin Abapihi
  • Gusti Ngurah Adhi Wibawa
  • Rasdiyanah .
  • Lilis Laome

Abstract

Tuberculosis is a direct infectious disease caused by the bacteria Myctobacterium tuberculosis. This study aims to model the factors that influence the number of tuberculosis cases in Southeast Sulawesi using the Spline. By using data sourced from BPS Southeast Sulawesi and the Health Office of Southeast Sulawesi, with the unit of observation used are 17 districts/cities in Southeast Sulawesi Province, the results showed that the best model of nonparametric regression Spline is with a knot point of two with a GCV value of 0,003662, and the determination value obtained is 91,88% with all variables having a significant effect.
Keywords - GCV, Knot, Spline, Tuberculosis
Abstrak
Tuberculosis merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman Myctobacterium Tuberculosis. Penelitian ini bertujan untuk memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kasus tuberkulosis di Sulawesi Tenggara menggunakan metode regresi nonparametrik Spline. Dengan menggunakan data yang bersumber dari BPS Sulawesi Tenggara dan Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, dengan unit observasi yang digunakan yaitu 17 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, didapatkan hasil penelitian bahwa model terbaik regresi nonparametrik Spline yaitu dengan titik knot dua dengan nilai GCV 0,003662, serta nilai determinasi yang didapatkan adalah 91,88% dengan seluruh variabel berpengaruh secara signifikan.
Kata Kunci - GCV, Knot, Spline, Tuberkulosis

Downloads

Published

2022-07-08