https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/issue/feed TEKNO 2024-05-01T16:20:18+08:00 Alva N. Sarajar alva_sarajar@yahoo.com Open Journal Systems https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/55215 Analisis Kualitas Udara Pada Instalasi Rawat Inap Anak Rumah Sakit Tk. II R. W Monginsidi Manado Menurut Standar Bangunan Hijau 2024-04-25T13:09:37+08:00 Grace A. Astawa desushiro018@gmail.com Roski R. I. Legrans legransroski@unsrat.ac.id Aristotulus E. Tungka aristungka@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencemaran udara dalam ruang yaitu konsentrasi partikulat dalam ruang berupa PM 2,5 dan PM 10 menggunakan alat Haz Dust EPAM 5000, pada fasilitas umum yakni bangunan rumah sakit. Hasil analisis akan memberikan rekomendasi penerapan bangunan gedung hijau, khususnya komponen bangunan yang berhubungan dengan kualitas udara sesuai dengan PERMENPUPR No. 21 tahun 2021. Bangunan rumah sakit yang menjadi objek penelitian ini RS. Tk II R. W. Monginsidi Manado, pada instalasi rawat inap anak. Hasil pengukuran partikulat menunjukkan bahwa terdapat lima ruangan di instalasi rawat inap anak yang memiliki konsentarsi PM 2,5 dan PM 10 melewati ambang batas menurut PERMENKES 02 tahun 2023, dimana ambang batas untuk PM 2,5 adalah &lt; 25μg/m<sup>3</sup> sedangkan untuk PM 10 kategori aman &lt; 70-150 μg/m<sup>3</sup> dan kategori tidak aman &gt; 70-150 μg/m<sup>3</sup>. Ruangan-ruangan tersebut adalah kelas III B (56,76μg/m<sup>3</sup>) kelas I B (50,43μg/m<sup>3</sup>), kelas III A (41,54μg/m<sup>3</sup>), kelas II B (40,88μg/m<sup>3</sup>) dan kelas II B (43,77μg/m3). Hasil analisis ini memberikan rekomendasi bagi pihak rumah sakit untuk memperbaiki sistem pertukaran udara yang ada pada tiap-tiap ruangan agar kualitas udara dalam ruang tetap terjaga. Sistem pertukaran udara Bangunan Gedung Hijau dan kesesuaian bentuk bangunan untuk mendapatkan kualitas udara yang memenuhi baku mutu pada RS. Tk. II R. W. Monginsid mengacu pada PERMEN PUPR No.21 tahun 2021. Standar ventilasi yang baik untuk ruangan instalasi rawat anal RS. Tk. II R. W. Monginsidi mengacu pada SNI 03-6572-2001 tentang Tata Cara Perancangan Sistem Ventilasi Dan Pengkondisian Udara Pada Bangunan Gedung.</p> <p><em>Kata kunci</em>: <em>rumah sakit, </em><em>bangunan gedung hijau, kualitas udara, partikulat PM 2,5, partikulat PM 10</em></p> 2024-04-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 TEKNO https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/55273 Sistem Informasi Infrastruktur Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro 2024-04-30T12:38:51+08:00 Indra Onibala indraonibala2@gmail.com <p>Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting diberbagai aspek kehidupan. Seperti halnya didalam institusi pemerintahan khususnya pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, teknologi informasi sangat berperan penting dalam meningkatkan performance dari setiap kegiatan yang dilakukan yang berkaitan dengan pengelolaan data dan informasi, seperti dalam perekapan data survei, serta mengolah data survei untuk pengambilan suatu keputusan dan juga untuk penyajian data. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Siau Tagulandang Biaro merupakan suatu institusi pemerintah yang bertugas menangani prasarana-prasarana infrastruktur seperti jalan, jembatan, air minum, sanitasi, drainase, perumahan, retaining wall dan bangunan pantai yang berhubungan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari merasa perlu adanya database yang menggunakan sistem informasi&nbsp; (software) untuk menampilkan&nbsp; prasarana infrastruktur tersebut secara rinci dan sistematis serta tersusun rapi.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: </em><em>infrastruktur pekerjaan umum, data base</em></p> 2024-04-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/55291 Analisis Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Jalan Perkotaan 2024-04-30T21:09:20+08:00 Maria S. G. Padang mariapadang12@gmail.com Meike M. Kumaat meikekumaat@unsrat.ac.id Semuel Y. R. Rompis semrompis@unsrat.ac.id <p>Ekivalensi mobil penumpang (emp) merupakan faktor konversi berbagai jenis kendaraan dengan patokan mobil penumpang. Besarnya nilai emp dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya karakteristik kendaraan, arus lalu lintas, karakteristik jalan raya, kondisi cuaca, kondisi geometrik dan kelandaian. Penelitian ini dilaksanakan pada Jalan Piere Tendean dengan menggunakan metode <em>Time Headway</em> dan Analisa Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode <em>time headway </em>didapatkan hasil emp SM 0,47 dan emp KS 2,86 sedangkan untuk metode analisa regresi linear berganda didapatkan hasil emp SM 0,23 dan emp KS 2,71. Perilaku pengemudi di Indonesia memiliki ciri yang khas, sehingga mengharuskan proses kalibrasi yang lebih detail dan metode simulasi dengan bantuan Vissim dapat menggambarkan model lebih komprehensif dan hampir tepat sesuai dengan kondisi dilapangan yang meliputi perhitungan <em>following, lateral</em> serta <em>lane changing</em>. Dilakukan pemodelan menggunakan <em>software</em> PTV Vissim yang menghasilkan nilai emp untuk SM 0,87 dan KS 1,86. Besarnya nilai emp yang diperoleh dipengaruhi oleh lebar ruas jalan penelitian dengan banyaknya volume kendaraan dan juga jarak antara kendaraan yang cukup besar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: EMP, Time Headway</em><em>, analisis regresi linear berganda</em><em>, metode simulasi</em></p> 2024-03-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/55292 Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Angkutan Umum Bus Rute Manado – Kawangkoan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) 2024-04-30T22:16:58+08:00 Jesica I. Kalangi jesicainjilia6@gmail.com Lucia I. R. Lefrandt lucia.lefrandt@unsrat.ac.id Semuel Y. R. Rompis semrompis@unsrat.ac.id <p>Terminal karombasan merupakan salah satu pangkalan kendaraan umum antar kota yang berada pada Kota Manado, terminal Karombasan yang merupakan salah satu pangkalan kendaraan angkutan umum antar kota dengan klasifikasi terminal tipe B. terminal ini banyak mengalami penurunan minat penumpang karena fasilitas yang tidak memadai dan kurangnya perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kepuasan penumpang dari kesenjangan angkutan umum bus rute Manado – Kawangkoan. Metode analisis yang digunakan berupa Importance Performance Analysis (IPA), pada penelitian ini mengambil data pada penumpang bus dengan penyebaran kuisioner, dengan data dari variabel tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan empathy (perhatian). Hasil penelitian diperoleh karakteristik penumpang berdasarkan jenis kelamin dominan Perempuan dalam survey dan usia dominan berada pada &lt;20 tahun dan klasifikasi pekerjaan mayoritas pelajar/mahasiswa dan sebagian besar responden berpenghasilan dibawah Rp.1.500.000. Dan berdasarkan tingkat kepuasan GAP kinerja dan harapan seluruh atribut bernilai negatif yang berarti bahwa semua pelayanan yang diberikan bus rute Manado – Kawangkoan masih berada dibawah harapan penumpang, dengan rata-rata nilai kesenjangan yaitu -1,38.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: terminal Karombasan, tingkat kepuasan, Importance Performance Analysis, Service Quality</em></p> 2024-04-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/55295 Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Pasar Tradisional (Studi Kasus : Pasar Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan) 2024-04-30T22:45:35+08:00 Alfriany H. Polii hildapolii01@gmail.com Lucia I. R. Lefrandt lucia.lefrandt@unsrat.ac.id Sisca V. Pandey sisca.pandey@unsrat.ac.id <p>Pasar Amurang sangat sering terganggu aktifitas lalu lintas karena kegiatan parkir yang dilakukan pada badan jalan oleh masyarakat. Minimnya lahan parkir menyebabkan penggunaan jalan sebagai tempat memarkir kendaraan. Penggunaan jalan yang tidak tepat juga akan menghambat kelancaran arus lalu lintas di sekitarnya, karena kendaraan yang parkir di badan jalan akan mengurangi lebar jalan yang dapat dilalui kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir dan menganalisis kinerja ruas di Pasar Amurang pada saat parkir pada badan jalan dan saat diluar badan jalan. Karakteristik parkir maksimum di Pasar Amurang adalah pada hari Senin, 16 Oktober 2024 dengan volume sebanyak 136 kendaraan, akumulasi maksimum 20 kendaraan dalam periode waktu 15 menit, durasi rata-rata adalah 0,70 jam, nilai indeks parkir maksimum 125%, tingkat pergantian ruang parkir 8,5 kendaraan/petak/jam, dan kebutuhan ruang parkir 9,52 kendaraan. Kegiatan parkir pada badan jalan menyebabkan penurunan kinerja ruas Jalan Pasar Amurang dengan berkurannya lebar jalan pada saat parkir di badan jalan. Kinerja ruas jalan jam puncak di Jalan Pasar Amurang terjadi pada hari Senin, 16 Oktober 2023 dengan menggunakan metode PKJI 2014 diperoleh nilai arus lalu lintas (Q) sebesar 315,95 smp/jam. Kapasitas jalan (C) dengan adanya parkir di badan jalan adalah sebesar 1520,208 smp/jam dan tanpa parkir di badan jalan 1604,664 smp/jam. Terjadi penurunan kapasitas (C) sebesar 5,56 %. Derajat kejenuhan (DJ) dengan adanya parkir di badan jalan sebesar 0,20 sedangkan tanpa parkir di badan jalan sebesar 0,19. Tingkat pelayanan jalan dengan adanya parkir pada badan jalan terletak pada level B sedangkan tanpa adanya parkir di badan jalan adalah pada level A. Simulasi arus lalu lintas di Jalan Pasar Amurang menggunakan aplikasi PTV Vissim dan diuji dengan pengujian GEH dan MAPE.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: parkir, kinerja ruas jalan, PKJI 2014, PTV Vissim</em></p> 2024-04-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/55301 Hubungan Waktu Tempuh Dengan Volume Lalu Lintas Pada Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Jl. Wolter Mongisidi Segmen Depan Bank BTN Sampai Jl. Sea) 2024-05-01T16:20:18+08:00 Nedvelia Z. Wagiu nedveliawagiu2002@gmail.com Sisca V. Pandey sisca.pandey@unsrat.ac.id Semuel Y. R. Rompis semrompis@unsrat.ac.id <p>Salah satu metode perhitungan waktu tempuh terhadap satu ruas jalan adalah <em>volume-delay function</em>. Penelitian dilakukan pada Jl. Wolter Mongisidi Manado, dimulai dengan mengumpulkan data volume lalu lintas dan waktu tempuh yang diambil dengan metode <em>Moving Car Observer</em>. Untuk mandapatkan fungsi volume tundaan dari persamaan yang dikembangkan oleh <em>The Bureau of Public Roads</em> didapat dengan perhitungan model Greenshields yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas dan waktu tempuh arus bebas dan dengan bantuan <em>solver </em>yang merupakan fasilitas dari <em>Microsoft Excel</em> dilakukan kalibrasi untuk parameter α dan β. Hasil dari kalibrasi <em>Volume-Delay Function </em>untuk Senin, 30 Oktober 2023 di dapat nilai α sebesar 0,59 dan β sebesar 1,36974962, Rabu, 01 November 2023 didapat nilai α sebesar 0,94 dan β sebesar 0,352044375,&nbsp; Sabtu 04 November 2023 didapat nilai α&nbsp; sebesar 0,82 dan β sebesar 0,34400245. Hal ini menandakan bahwa hasil kalibrasi dengan metode <em>Volume-Delay Function</em> dari BPR hanya dapat diaplikasikan pada hari senin saja, untuk hari rabu dan sabtu hubungan volume dan waktu tempuh yang menyatakan jika volume bertambah maka waktu tempuh bertambah tidak berpengaruh pada ruas jalan Jl. Wolter Mongisidi segmen Depan Bank BTN sampai Jl. Sea. Dapat diasumsikan ada faktor lain yang menyebabkan kapasitas jalan tersebut seringkali mengalami kemacetan.</p> <p><em>Kata kunci: waktu tempuh, Volume-Delay Function, Greenshields, solver</em></p> 2024-05-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024