PKM SD INPRES MAPANGET KECAMATAN TALAWAAN KABUPATEN MINAHASA UTARA TENTANG KEANEKARAGAMAN FLORA DAN SATWA ENDEMIK SEBAGAI POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.35799/tsj.v1i2.26904Keywords:
siswa, SD Inpres Mapanget, keanekaragaman flora dan satwa endemic, ekowisata, Minahasa UtaraAbstract
Edukasi dan pengetahuan mengenai keanekaragaman flora dan satwa endemik sebagai potensi pengembangan ekowisata sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh siswa-siswa Sekolah Dasar. Siswa-siswa dan guru-guru Sekolah Dasar perlu pengetahuan dasar untuk mengetahui bahwa ekosistem pantai, gunung, dan danau dengan populasi satwa dan flora yang didalamnya mencerminkan bahwa daerah ini memiliki potensi alam yang cukup besar. Untuk itu penting dilakukan suatu kegiatan berupa penyuluhan sejak dini bagi siswa sekolah dasar beserta guru didalamnya yang terpilih sebagai mitra. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa-siswa Sekolah Dasar Inpres Mapanget adalah masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman dasar tentang keanekaragaman flora dan satwa endemik untuk digunakan dalam pengembangan ekowisata di Sulawesi Utara, belum adanya pemahaman dan konsep dasar yang jelas tentang ekowisata, kurangnya pengetahuan dasar tentang potensi alam yang dimanfaatkan untuk pengembangan ekowisata. Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang keanekaragaman flora dan faunda endemik Sulawesi Utara yang berpotensi dalam pengembangan ekowisata. Metode yang dilakukan untuk dapat mentransfer ilmu pengetahuan yang tim sudah siapkan adalah penyuluhan dan pelatihan dalam bentuk simulasi sederhana yaitu bagaimana flora dan fauna dapat berpotensi sebagai bendera atau simbol ekowisata pada suatu daerah khususnya Sulawesi Utara dengan menjadi motivator yang memotivasi masyarakat untuk melestarikan keanekaragaman flora dan satwa endemik.  Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah para siswa mampu menyerap ilmu pengetahuan yang kami berikan sehingga dari hasil evaluasi yang tim dapatkan adalah pengetahuan dan wawasan dari mitra tentang keanekaragaman flora dan satwa endemik meningkat. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi dimana kami memberikan kuis sederhana kepada para siswa dengan rata-rata nilai diatas 80. Ini berarti hampir 90 % siswa SD Inpres mampu menyerap ilmu pengetahuan yang tim sudah lakukan. Luaran kegiatan adalah draft artikel jurnal ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah LPPM, video kegiatan (link in youtube): https://www.youtube.com/watch?v=VuJqs3a8-5I dan perbaikan tata nilai masyarakat di bidang pendidikan berupa peningkatan pengetahuan dasar dan wawasan tentang keanekaragam flora dan fauna endemik sebagai potensi pengembagan ekowisata di Sulawesi Utara.