IMPLEMENTASI PRODUK NUGGET PADA KELOMPOK IBU-IBU JEMAAT GMIM SION WINANGUN KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO

Authors

  • Delly B. J. Rumondor Universitas Sam Ratulangi
  • Moureen Tamasoleng Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/tsj.v2i1.31225

Keywords:

kelompok ibu-ibu, nugget, penyuluhan

Abstract

Sasaran pembinaan adalah kelompok Ibu-Ibu kolom 16 dan 17 jemaat GMIM SION Winangun Manado. Kelompok  ini telah melaksanakan pembimbingan dan penyuluhan cara pembuatan Nugget sebagai bagian dari industri rumah tangga untuk mendatangkan income bagi keluarga dan masyarakat pada umumnya.Potensi ekonomi masyarakat melalui kegiatan ini perlu digerakkan karena sangat strategis untuk mengembangkannya ke industri rumah tangga. Banyak produk industri makanan yang beredar di pasaran, baik di sejumlah pasar swalayan maupun di pasaran umum merupakan hasil olahan dari masyarakat secara perorangan dan grup atau kelompok. Penyuluhan yang  dilakukan adalah cara pengolahan Nugget dengan variasi penambahan sayur wortel, dilaksanakan pada kelompok Ibu-ibu Kolom 16 dan 17 Jemaat GMIM SION yang berlokasi di Kelurahan Winangun Satu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Metode yang  dilakukan adalah berupa penyuluhan, pelatihan dan praktikum.Target luaran yang hendak dicapai pada kegiatan pemberdayaan ini adalah; (1) Pembuatan Nugget dengan penambahan sayur wortel memberi ketrampilan baru kepada kelompok ibu-ibu sebagai pelaku industri rumah tangga. (2) dipublikasikan dalam jurnal nasional dan media elektronik (youtube).

References

Eka Wulandari, Lilis Suryaningsih, Andry Pratama, Denna S. Putra, N. Runtini. 2016. Karakteristik, Fisik, Kimia dan Nilai Kesukaan Nugget Ayam Dengan Penambahan Pasta Tomat. Jurnal Ilmu Ternak, Vol.16. No.2.Pp. 95-99.

Honikel, K. O. (2004). Water-holding capacity of meat. In: M. F. Te Pas, M. E. Everts, & H. P. Haagsman (Eds.), Muscle development of livestock animals: Physiology, genetics and meat quality (pp. 389–400). Cambridge, MA: CABI Publishing

Jayasena, D.D., Ahn, D.U., Nam, K.C., and C. Jo. 2013. Flavour Chemistry of Chicken Meat: A Review. Asian Australas. J. Anim. Sci. 26:732-742.

Widyastuti ES, Widati AS, Hanjariyanti RD, Avianto MY. 2010. Kualitas Nugget Ayam Dengan Penambahan Keju Gouda. Ilmu Teknologi Hasil ternak 5(1):1-10.

Zahra Fona, E. Kurniasih, Raudah. 2017. Pengembangan Unit Usaha Nugget Sehat di Politeknik Negeri Lhoksoumawe. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakata. Vol.3 No. 2. Hal : 115-122

Downloads

Published

2020-11-11

Issue

Section

Articles