Pengaruh Transformasi Digital dan Inovasi Kerja Terhadap Perilaku Kerja Guru pada Sma N 3 Binsus Tondano

Authors

  • Matthew Waraney Gosal Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak transformasi digital dan inovasi kerja terhadap perilaku kerja guru di SMA N 3 Binsus Tondano, baik secara bersamaan maupun terpisah. Penelitian ini berupa studi kualitatif dengan pendekatan asosiatif, menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 52 responden dengan teknik sampel jenuh. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, transformasi digital dan inovasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kerja guru di SMA N 3 Binsus Tondano. Secara terpisah, transformasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kerja, sementara inovasi kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk pengembangan ke depannya.

Kata kunci:  transformasi digital, inovasi kerja, perilaku kerja

 

Abstract

This research aims to assess the impact of digital transformation and work innovation on the teachers' behavior at SMA N 3 Binsus Tondano, both collectively and individually. It employs a qualitative study with an associative approach, utilizing a questionnaire to collect data from 52 respondents using a saturated sampling technique. Data analysis is conducted using the multiple linear regression analysis method with SPSS 22 software. The research findings indicate that collectively, digital transformation and work innovation significantly influence the teachers' behavior at SMA N 3 Binsus Tondano. Individually, digital transformation significantly affects work behavior, whereas work innovation does not have a significant impact. These research outcomes are anticipated to contribute to future developments.

 

Keywords: digital transformation, work innovation, and work behavior

Downloads

Published

2024-02-23

Issue

Section

Articles