PKM Kelompok Mahasiswa Politeknik Kesehatan Manado Semester IV dan VI Dalam Pembelajaran “Hiragana Kakijun”
Abstract
Abstrak
Politeknik Kesehatan Manado sudah banyak yang berhasil mengikuti magang kerja sebagai tenaga careworker di Jepang melalui Japan Education Academik. (JEA). Kelompok mahasiswa Politeknik Kesehatan Manado dalam Pelatihan bahasa Jepang melalui pembelajaran huruf Hiragana Kakijun yang menggunakan multimedia tujuannya memberikan pelatihan bagi para mahasiswa Politeknik Kesehatan Manado dengan harapan agar peserta pelatihan calon pekerja tenaga careworker dibidang kesehatan dapat memiliki pengetahuan serta ketrampilan tata cara menulisnya, mengerti keseluruhan hurufnya dan tata cara membaca huruf Hiragana bukan saja lewat tulisan tangan tetapi di era modern ini bisa menggunakan aplikasi Hiragana Kakijun lewat multimedia yang ada.
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah penyuluhan, pendampingan dan metode tes juga observasi untuk mendapatkan data penguasaan materi huruf Hiragana setelah mahasiswa mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia. Target luaran yang dihasilkan berbentuk metode, teknik dan video youtube yang merupakan salah satu media pembelajaran cocok di saat ini yang berdampak positif untuk penguasaan bahasa Jepang khususnya huruf hiragana.
Dengan adanya strategi yang jelas tentu proses pembelajaran akan terarah sehingga memiliki pedoman dan acuan yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang agar materi yang diberikan dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh para mahasiswa Politeknik Kesehatan Manado.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Jepang, Aplikasi Hiragana Kakijun, Poltekkes Manado
Abstract
Many Manado Health Polytechnics have successfully participated in work internships as careworkers in Japan through the Japan Education Academy. (JEA). The Manado Health Polytechnic student group in Japanese language training through learning the Hiragana Kakijun letters using multimedia aims to provide training for Politeknik Kesehatan Manado student’s with the hope that prospective health care worker training participants can have knowledge and skills on how to write it, understand all the letters and how to read the Hiragana letters not only through handwriting but in this modern era can use the Hiragana Kakijun application via existing multimedia.
The methods used in this training are counseling, mentoring and test methods as well as observation to obtain data on mastery of the Hiragana letter material after students take part in learning using multimedia. The target output produced is in the form of methods, techniques and YouTube videos which are one of the appropriate learning media at this time that have a positive impact on mastery of the Japanese language, especially the hiragana letters.
With a clear strategy, of course the learning process will be directed so that it has systematic guidelines and references in implementing Japanese language learning so that the material provided can be absorbed, understood and utilized by students of Politeknik Kesehatan Manado.
Keywords: Japanese Language Learning, Kakijun Hiragana Application, Manado Polytechnic of Health
