Pemberdayaan Kelompok Tani Wanita Mandiri Dalam Meningkatkan Produksi Tanaman Cabai Varietas Nirmala-F1 Melalui Penerapan Teknologi MPHP dan BioBoost

Authors

  • Ernest Hanny Sakul Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Manado
  • Philotheus Erwin Alex Tuerah Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Manado
  • Jacklin Stella Salome Manoppo Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.1.2.2019.24930

Abstract

Teknologi Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) dan BioBoost adalah teknologi yang ramah lingkungan dan mampu meningkatkan produktifitas lahan pertanian sehingga hasil pertanian akan meningkat baik mutu maupun jumlah hasil panennya. Pemanfaatan Bio-Boost sebagai pupuk organik yang mengandung mikroorganisme tanah yang unggul, diaplikasikan untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai hasil proses biokimia tanah dalam budidaya dan peningkatan produksi tanaman cabai varietas nirmala F-1. Hasil pengamatan dan survey di lapangan khususnya di Desa Kembuan Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa banyak ditemukan lahan/ladang atau bekas sawah yang sudah tidak diefektifkan lagi oleh petani pemilik, sehingga menjadi lahan tidur dan hanya menjadi tempat menggembalakan hewan ternak seperti sapi dan kuda.  Selain itu juga, limbah organik yang dapat ditemukan di Desa Kembuan adalah limbah hasil peternakan ayam berupa kotoran ayam, yang bila tidak dikelola dengan baik akan berpotensi mencemari lingkungan. Potensi pemanfaatan lahan tidur dan limbah organik di pedesaan merupakan sebuah peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok tani.  Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dilaksanakanlah Program Kemitraan Masyarakat Kelompok Tani Wanita Mandiri Desa Kembuan Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara. Kebutuhan aplikasi teknologi pertanian yang diperlukan oleh kelompok tani ini antara lain adalah teknologi Bio-Boost dan Effective Microorganism (EM4) sebagai agen hayati yang mempercepat proses dekomposisi limbah kotoran ayam menjadi pupuk organik berkualitas, dikombinasikan dengan teknologi mulsa plastik hitam perak dan pengendalian hama menggunakan bioinsektisida, ternyata mampu memberikan hasil yang baik dalam budidaya tanaman cabai rawit varietas nirmala F-1. Hasil panen perdana yang diperoleh kelompok tani ini yaitu cabai rawit varietas nirmala yang memiliki karakteristik morfologi buah lancip, dengan ukuran 4 x 0,8 cm, pedas, warna merah mengkilap dan dapat mulai dipanen pada umur 82-85 hari setelah tanam (HST), rata-rata berat buah cabai per tanaman adalah 0,75 – 1,0 kg per tanaman, dengan bobot per buah berkisar 2 – 3 gram dan memiliki potensi hasil 8 – 10 ton/ha.

References

Manoppo,J.S.S., dan E. H. Sakul dan Marlina Karundeng., 2018a. Penggunaan Pupuk Organik Untuk Meningkatkan Hasil Tanaman Cabai Kelompok Tani di Kabupaten Minahasa. Jurnal Dedikasi Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar ISSN: 02510891. Vol 20. No.1 Oktober 2018.

Manoppo,J.S.S. 2017. Potential Extracts of Pangium edule Reinw and Derris elliptica Wallich as Botanical Molluscicides for Management of Golden Apple Snail Pomacea canaliculata Lamarck. Agrotech Journal. Universitas Sembilan Belas Nopember Kolaka. 2 (2).

Manoppo, J. S. S., dan Wiesye M.S. Nangoy., 2017. Potensi Bioisektisida Dari Ekstrak Biji Dan Ekstrak Kulit Batang Tumbuhan Pangi (Pangium edule Reinw.) Dalam Meningkatkan Mortalitas “Gai Gantung†Plutella xylostella L. Departemen Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universi.as Negeri Manado, dalam Proceeding Seminar Nasional Biologi XXIV 2017. “Penelitian, Bioprospeksi dan Pemanfaatan Berkelanjutan dari Keanekaragaman Hayatiâ€. Perhimpunan Biologi Indonesia dan Universitas Sam Ratulangi Manado

Manoppo, J.S.S. dan E. H. Sakul dan Marlina Karundeng., 2018b. PKM Kelompok Tani Cabai Di Desa Paslaten Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, DAYA SAINS. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, Universitas Negeri Manado. 1(1).

Musnamar, E. Ismawati. 2016. Pupuk Organik Cair dan Padat, Pembuatan dan Aplikasi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Santika, A. 2017. Agribisnis Cabai. Penebar Swadaya Jakarta.

Sakul, E.H., R. A. Mege dan J. S. S. Manoppo, 2019. Budidaya Tanaman Hortikultura Memanfaatkan Lahan Pekarangan di Bunaken Manado. Jurnal Dedikasi Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar. 21(1).

Sakul, E.H., 2017. Impact of Botanical Insecticides Derived From Pangium edule Reinw And Annona muricata L. Seed

Extracts On The “Gay Gantung†Diamondback Moth, Plutella xylostella L. Agrotech Journal. Universitas Sembilan Belas Nopember Kolaka 2(2).

Sakul, E.H., J. S .S. Manoppo, D. Taroreh, R. Gerungan dan S.Gugule., 2012. Pengendalian Hama Kumbang “Logong†(Sitophylus oryzae L.) Dengan Menggunakan Ekstrak Biji Pangi (Pangium edule Reinw.). Control Of Beetle Pest Logong (Sitophylus Oryzae L.) Utilized Pangi (Pangium edule Reinw.) Seed Extract. Jurnal ilmiah Eugenia 18(3).

Sakul, E.H, dan W. M.S. Nangoy., 2017. Optimalisasi Pembuatan Pestisida Organik Dalam Meningkatkan Produksi Tanaman Sawi dan Pak Choy Pada Kelompok Tani Maleosan Kabupaten Minahasa. Departemen Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam -Universitas Negeri Manado, dalam Proceeding Seminar Nasional Biologi XXIV 2017. “Penelitian, Bioprospeksi dan Pemanfaatan Berkelanjutan dari Keanekaragaman Hayatiâ€. Perhimpunan Biologi Indonesia dan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Sakul, E. H., Tuerah, P. E. A., & Manoppo, J. S. S. (2019). Pemberdayaan Kelompok Tani Wanita Mandiri Dalam Meningkatkan Produksi Tanaman Cabai Varietas Nirmala-F1 Melalui Penerapan Teknologi MPHP dan BioBoost. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2). https://doi.org/10.35799/vivabio.1.2.2019.24930